Penggunaan Platform Quizizz Dalam Meningkatkan Minat dan Kemampuan Berhitung Peserta Didik
Mohamad Lutfi Nugraha(1), M Ardiansyah(2*),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari lebih dalam tentang minat dan kemampuan berhitungpeserta didik di masa pandemi.Teknik sampling yang digunakan purposive sampling.Variabel yang diteliti adalah minat dan kemampuan berhitungpeserta didikpokok bahasan bilangan berpangkat.Platform quizizzmerupakan suatu platform yang biasa digunakan untuk dapat mengetahui seberapa besar pengaruh dalam penggunaannya terhadap minat dan kemampuan berhitung matematika.Penelitian dilaksanakan di SMP AL-Qalamkepada14 peserta didik kelas VIII menggunakan 10 soal konseptual dan kuisioner yang diberikan dengan platform quizizz.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kemampuan berhitung peserta didik adalah 59% dan Platform quizizz dapat meningkatkan minat belajar matematika.Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berhitung yang dimiliki peserta didik berada pada kategori sedang
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Albeta, S. W., Nofianti, N., & Rahmandani, S. (2020). Peranan Turnamen Berbasis Ict Dengan Aplikasi Quizizz Terhadap Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau. https://doi.org/10.33578/jpk-unri.v5i1.7778. 5(1), 11-16 Basuki, Y., & Hidayati, Y. (2019). Kahoot! or Quizizz: the Students’ Perspectives. https://doi.org/10.4108/eai.27-4-2019.2285331 Flora Siagian, R. E. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93. 2(2), 122-131 Muhali. (2018). Arah Pengembangan Pendidikan Masa Kini Menurut Perspektif Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pendidikan (LPP) Mandala. Purnama, I. M. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika di SMAN Jakarta Selatan. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, https://doi.org/10.30998/formatif.v6i3.995. 6(3), 233-245. Sagala, S. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. In Bandung: Alfabeta. Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750. 6(1), 35-43. Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.2. 1(1), I
DOI: https://doi.org/10.30998/jap.v2i1.797
Article Metrics
Abstract Views : 176 | PDF Views : 190DOI (PDF): https://doi.org/10.30998/jap.v2i1.797.g842
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 M Ardiansyah M Ardiansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
Journal of Academia Perspectives is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |