Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Akidah Akhlaq



Usman Sutisna(1*), Ahmad Haris Mukhsin(2), Tom Amrozi(3),

(1) Teknik Informatika
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan menguji hipotesa awal tentang pengaruh kedisiplinan berdampak postif terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi produk moment, pengambilan sampel dengan menggunakan sampel random sampling yang digunakan untuk menjaring subjek penelitian yang berjumlah 53 populasi, sehingga peneliti menentukan presentasi yang akan dijadikan sampel penelitian yaitu sebesar 60% dari seluruh jumlah populasi yaitu menjadi 30 siswa.Data penelitian yang terkumpul kemudian di analisa dengan menggunakan teknik analisis statistik. Melalui proses perhitungan data angket yang disebar kepada 30 sample siswa, maka diperoleh nilai r =0,5625 dari jumlah variable (∑XY) yakni berjumlah 44463. Berdasarkan data tersebut diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara tingkat kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlaq.

Keywords


Kedisiplinan, Prestasi Belajar Akidah Akhlaq

Full Text:

PDF

References


‘Ibad, I., Mispani, M., & Jannah, S. R. (2021). The Influence of Discipline and Performance of Teachers’ Akidah Akhlak on Student Achievement in Madrasah Aliyah | Bulletin of Pedagogical Research. Bulletin of Pedagogical Research, 47(53). Retrieved from https://www.attractivejournal.com/index.php/bpr/article/view/177

Andalucy, S. S., Nasution, S. A., & Bisri, H. (2017). Signifikansi Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Tadbir Muwahhid, 1(2), 116–127. https://doi.org/10.30997/JTM.V1I2.954

Ansori, A. (2018). Inovasi Pembelajaran Akidah Akhlak Menggunakan Metode Role Play dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 53–63. https://doi.org/10.33650/EDURELIGIA.V2I1.757

Astuti, A., & Damiri, M. (2020). Penerapan Tata Tertib Guru Dalam Menunjang Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kabupaten Batang Hari. Jurnal Pendidikan Dosen Dan Guru, 1(1), 52–67. Retrieved from https://www.jurnal.pcpergunubatanghari.com/index.php/jpdg/article/view/6

Bahri, M. Z. (2014). Teaching Religions in Indonesia Islamic Higher Education: From Comparative Religion to Religious Studies. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 4(2), 155–188. https://doi.org/10.18326/ijims.v4i2.155-188

Choiron, C. (2021). Peran Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Sholat Berjamaah di SMP Negeri 1 Winongan Kabupaten Pasuruan. Turatsuna : Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 3(2), 189–202. Retrieved from http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/TRSN/article/view/12514

Ferdiansa, G., & Karneli, Y. (2021). Konseling Individu Menggunakan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 847–853. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V3I3.427

Ferdiansyah, A., Triwoelandari, R., & Gustiawati, S. (2019). Pengaruh Keikutsertaan Siswa dalam Ekstrakurikuler Rohani Islam (ROHIS) terhadap Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM Universitas Muhammadiyah Metro Lampung, 4(2), 11–22. https://doi.org/10.24127/JLPP.V4I2.1081

Feriza, F. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar, Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di SMA Muhammadiyah Kota Pagar Alam. Al-Bahtsu : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 3(1). https://doi.org/10.29300/BTU.V3I1.1296

Hadziq, A. F. (2015). Hubungan Profesionalisme Guru dengan Prestasi Belajar Aqidah (Penelitian Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran Aqidah di SMP La Tansa Mashiro Lebak Gedong Lebak). Jurnal Aksioma Ad-Diniyyah: The Indonesian Journal of Islamic Studies, 3(1). Retrieved from https://ejurnal.latansamashiro.ac.id/index.php/JAD/article/view/264/265

Haeni, A. Y., Farida, I., & Basri, H. (2021). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa dalam Pembelajaran PAI di SMA Plus Al-Ittihad Cianjur. Jurnal Randai, 2(1), 74–84. Retrieved from https://randai.ejournal.unri.ac.id/index.php/randai/article/view/25

Halwing, H. (2021). Meningkatkan Prestasi Belajar Al-Qur’an-Hadis melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Madrasah Aliyah. Al-Ta’dib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 14(1), 42–52. https://doi.org/10.31332/ATDBWV14I1.2039

Hidayat, N. (2015). Peran dan Tantangan Pendidikan Agama Islam di Era Global. El-Tarbawi, 8(2), 131–145. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss2.art2

Hidayati, W. (2015). Muatan Keilmuan Integrasi Interkoneksi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Telaah Kurikulum 2013 Jenjang SMA). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(1), 1–14. https://doi.org/10.14421/JPAI.2015.121-01

Jonizon, A. (2017). Pengaruh Kedisiplinan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Siswa terhadap Prestasi Belajar PAI di SMK Negeri 05 Bengkulu Utara. Annizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam, 2(3), 429–449. https://doi.org/10.29300/NZ.V2I3.1829

Khairunnas, K., Ritonga, M., & Lahmi, A. (2021). Pendidikan Agama Islam sebagai Basic Kedisiplinan: Studi Fenomenologi di SMP Negeri 3 Lembah Melintang Pasaman Barat. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 6(1), 55–65. https://doi.org/10.31604/muaddib.v6i1.55-65

Komariah, E. (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar Aqidah Akhlak melalui Penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning (Belajar Tuntas) di Kelas VII MTS Al-Hajar. JPG: Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang, 1(02), 280–295. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/350

Lilawati, E. (2019). Pembelajaran Kurikulum 2013 Penerapan Pembelajaran Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Plus As-Syahidin Jono Temayang Bojonegoro. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 2(3), 37–42. Retrieved from http://ojs.unwaha.ac.id/index.php/joems/article/view/130

Maidin, A. (2019). Efektivitas Evaluasi Pembelajaran Akidah Akhlak terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah di Amparita Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidrap. Istiqra`: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 7(1). Retrieved from http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/163

Maknun, L., Supriadi, U., & Firmansyah, M. I. (2017). Efektivitas Metode ‘Ibrah Mau’izhah dalam Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTS Plus Darul Hufadz Jatinangor. Tarbawy: Indonesian Journal of Islamic Education, 4(2), 107–125. https://doi.org/10.17509/T.V4I2.8561

Maruya, S. (2016). Pengaruh Kedisiplinan Guru Mengajar terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak di MIN 1 Kota Bengkulu. Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 1(2). https://doi.org/10.29300/BTU.V1I2.442

Masturdin, M. (2016). Kreativitas Guru Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Aqidah Akhlak di MTSN Rukoh Darussalam Banda Aceh. Pionir: Jurnal Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.22373/pjp.v5i2.3492

Napalia, S., Nahwiyah, S., & Mailani, I. (2019). Pengaruh Persepsi Siswa tentang Akhlak Guru terhadap Kedisiplinan Siswa (Kelas IV,V,VI) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 003 Pulau Jambu Cerenti. Al-Hikmah (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam), 1(1), 104–112. Retrieved from http://ejournal.uniks.ac.id/index.php/Alhikmah/article/view/505

Novianti, V., & Hunainah, H. (2020). Hubungan Kedisiplinan dan Pemahaman Ayat-Ayat Al-Qur’an dengan Akhlak Siswa. Qathruna: Jurnal Keilmuan Dan Pendidikan, 7(1), 1–18. https://doi.org/10.32678/QATHRUNA.V7I1.3017

Rambe, N. A. (2019). Contextual Teaching Learning Perspektif Pendidikan Islam. Pionir: Jurnal Pendidikan, 8(1), 112–125. Retrieved from https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/4590

Rido, A., & Hibatullah, H. (2020). Analisis Manajemen Pembelajaran dan Kedisiplinan Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik. Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 14–34.

Rohmad, R. (2017). Pendekatan Integratif Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Pada Abad Informasi. Inovatif: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan, 1(1), 17–37. Retrieved from http://jurnal.staih.ac.id/index.php/inovatif/article/view/11

Sahari, S. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Akidah Akhlak Melalui Penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning bagi Siswa MTs. Hidayaturrahman NW Menggala. Jurnal Paedagogy, 7(4), 353–361. https://doi.org/10.33394/JP.V7I4.2931

Salim, N., Nasuka, M., & Abid, M. N. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar, Aktivitas Belajar dan Prestasi Belajar Melalui Strategi Direct Instruction. At-Tarbiyat :Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 67–85. https://doi.org/10.37758/JAT.V3I1.202

Soleha, S. A. (2020). Pembelajaran yang Menumbuhkan Sikap Disiplin Siswa. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1–17. Retrieved from https://ejournal.unzah.ac.id/index.php/attalim/article/view/332

Sugita, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Akidah Akhlak Materi Iman kepada Malaikat Melalui Model Numbered Head Together pada Siswa Kelas VII B Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Paser. Secondary: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah , 1(2), 116–124. https://doi.org/10.51878/SECONDARY.V1I2.155

Suriyatun, S. (2020). Assesment Proses Belajar Aspek Sikap Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Klangon Kalibawang Kulon Progo. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 9(1). Retrieved from http://ejournal.inismupacitan.ac.id/index.php/tajdid/article/view/201

Syarifudin, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Visual terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa di MIN Putussibau. Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 92–104. https://doi.org/10.32478/piwulang.v3i2.656

Yulidar, Y. M. (2020). Hubungan Kepribadian dan Sikap Sosial Peserta Didik terhadap Prestasi Belajar Akidah Akhlak. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(3), 485–494. https://doi.org/10.22373/JM.V10I3.5597

Zamhuri, A. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Fathul Anwar Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu. Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 1. Retrieved from https://ojs.staituankutambusai.ac.id/index.php/hikmah/article/view/126

Zuhri, K. (2017). Korelasi Prestasi Belajar Akidah Akhlak dengan Perilaku Keagamaan Siswa di Madrasah Aliyah Sunan Gunung Jati Gurah Kediri. Spiritualita, 1(2). https://doi.org/10.30762/SPR.V1I2.646




DOI: https://doi.org/10.30998/jap.v2i1.748

Article Metrics

Abstract Views : 138 | PDF Views : 81


DOI (PDF): https://doi.org/10.30998/jap.v2i1.748.g837

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Usman Sutisna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
Journal of Academia Perspectives is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.