Implementasi Pendidikan Karakter Robaniyah, Isaniyah, Alamiyah Dan Ilmiah di SMP Islam Al-Azhar Kelapa Gading



Singgih Nuswan Toro(1*), Indah Purnama Sari(2),

(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan karakter menempati posisi penting dalam dunia pendidikan. Pendidikan karakter akan mendorong peserta didik untuk tumbuh dengan percaya diri serta diharapkan dapat mengembangkan dan mengeksplorasi kemampuan dan keterampilan mereka tanpa mengabaikan nilai-nilai positif dan kebaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Implementasi Pendidikan Karakter Robaniyah, Isaniyah, Alamiyah Dan Ilmiah di SMP Islam Al-Azhar Kelapa Gading tahun akademik 2023/2024. Metode yang digunakan adalah  metode deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian survei di mana dalam pengumpulan data peneliti menggunakan angket (Self Administeredquestionnaire), teknik pengumpulan data yang menyerahkan daftar pertanyaan untuk diisi oleh responden. Wawancara (Interview), pengumpulan data dengan mebgajukan pertanyaan secara langsung oleh pengumpul data kepada responden. Dan Studi Dokumentasi (Documentaion Study), menganalisis dokumen-dokumen yang dibuat oleh subjek sendiri atau oleh orang lain tentang subjek. Adapun jumlah sample dalam penelitian ini adalah sebanyak 65  peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengimplementasian pendidikan karakter Robaniyah, Insaniyah, Alamiyah, Ilmiah di SMP Islam Al-Azhar Kelapa Gading sudah berjalan cukup baik sehingga peserta didik SMP Islam Al-Azhar Kelapa Gading khususnya mampu menerapkan pendidikan karakter Robaniyah, Insaniyah, Alamiyah, dibuktikan dengan terbentuknya karakter siswa siswi SMP Islam Al-Azhar Kelapa Gading yang berakhlakul karimah serta mampu menanamkan kebiasaan-kebiasaan yang baik (habituation) sehingga peserta didik bersikap dan bertindak bersandarkan nilai-nilai yang telah menjadi kepribadiannya.

Keywords


Character Education, Robaniyah, Insaniyah, Natural and Scientific, Implementation

Full Text:

PDF

References


Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2015), 225. 19 Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2006), 107Lexy J. Moleong, Arikunto, Suharsimi., Jabar, Cepi, Safruddin Abdul. (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Ghavifekr, S. & Rosdy, W.A.W. (2015). Teaching and learning with technology: Effectiveness of ICT integration in schools. International Journal of Research in Education and Science (IJRES), 1(2), 175-191. Pendidikan. (2023). Diakses pada 5 April 2023, https://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan Rusman.2010. model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. raja Grafindo Persda. Sugiyono. 2006. Metode penelitian Pendidikan “Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta. SMK WIDYA NUSANTARA. (2008). Pendidikan Karakter: Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Urgensinya (Online). Diakses pada 5 April 2023, https://smkwidyanusantara.sch.id/read/5/pendidikan-karakter-pengertian-fungsi-tujuan -dan-urgensinya. Watak. (2023). Diakses pada 5 April 2023, https://id.wikipedia.org/wiki/Watak.




DOI: https://doi.org/10.30998/jap.v4i1.2267

Article Metrics

Abstract Views : 9 | PDF Views : 3


DOI (PDF): https://doi.org/10.30998/jap.v4i2.2267.g1945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Singgih Nuswan Toro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
Journal of Academia Perspectives is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.