Efektifitas Kelas PrimerTerhadap Kualitas Belajar di SMP PGRI 1 Cibinong



Tika Nur Indah Pratiwi(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang efektifitas kelas primer terhadap kualitas belajar di SMP PGRI 1 Cibinong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian adalah wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru pengajar kelas primer dan siswa kelas primer berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, pedoman observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi sekolah dalam mewujudkan kelas primer mempunyai dampak yang sangat besar terhadap efektifitas kualitas belajar dan pengembangan minat dan bakat peserta didik terutama pada program unggulan yang ditawarkan oleh kelas primer seperti baca tulis quran (BTQ), bahasa inggris dan multimedia. Program tersebut sebagai program unggulan kelas primer dalam upaya meningkatkan pengembangan kecerdasan, kemampuan, keterampilan dan potensi seoptimal mungkin sehingga memiliki pengetahuan, keterampilan sikap yang terbaik dan beraklaq

Keywords


Efektifitas; Kualitas Belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmad Tanzeh, Pengantar Metode Penelitian, (Yogyakarta: Teras, 2009), h. 53

Afifatu Rohmawati. 2015. Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Volume 9 Edisi 1, April 2015.

Burhan Bugin, Metodologi Penelitian Sosial, (Surabaya: Airlangga Universitas Press, 2001), h. 133

Deassy May Andini dan Endang Supardi. 2018. Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Dengan Variabel Kontrol Latar Belakang Pendidikan Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 1, No. 2, hal. 1-7, Januari 2018.

Ibrahim Bafadal, Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar dari Sentral Menuju Desentralisasi, (Jakarta: Bumi Aksara, 2006), h. 28

Imam Ali Mashudi. (2016). Pelaksanaan Kelas Unggulan di MTs Mamba’us Sholihin Gresik. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Lexi J. Moloeng, Metode Penelitian Kualitatif, edisi revisi, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2006), h. 168

Moh. Nazir, Metode Penelitian, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2013), h. 54

Putra Aditya, Rido Kurnianto, Nurul Abidin (2019). Pengaruh Pengelompokan Kelas (Unggulan dan Non Unggulan) Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan.

Rusmono, Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning, ( Jakarta: Ghalia Indonesia, 2014), h. 22

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2015), 225. 19

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2015), h. 338

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2006), 107Lexy J. Moleong,

Trisandi (2019). Strategi Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Kelas Unggulan (Internasional Plus Class) di SMA Sains Al qur’an Wahid Hasyim Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, Vol 10, No. 1, Mei 2020

Zainal Arifin, Penelitian pendidikan, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014)




DOI: https://doi.org/10.30998/jap.v4i1.2257

Article Metrics

Abstract Views : 6 | PDF Views : 2


DOI (PDF): https://doi.org/10.30998/jap.v4i2.2257.g1940

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Tika Nur Indah Pratiwi; Indah Purnama Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
Journal of Academia Perspectives is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.