PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMPN 1 BOJONG GEDE



Yayu Selawati(1*),

(1) Fakultas Pascarjana, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tentang peranan guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan kemandirian belajar siswa di SMPN I Bojong Gede.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, guru bimbungan dan konseling dan 10 siswa kelas dari kelas VII A, VII B, VII C, VII D,VII E. VII F, VII G.VIIH,VIII,VIIJ. Instrumen yang di gunakan adalah pedoman wawancara, pedoman obervasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Kemandirian Belajar Siswa SMPN 1 Bojong Gede dalam kategori Baik.

Keywords


Peranan guru bimbingan dan konseling, Kemandirian belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Babari,S. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Daniel, Haryano. (2010). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Tim Pustaka Phoenik.

Hasibuan, H.K.A. (2018). Upaya Guru Bimbingan Konseling dalam Mengembangkan Kemandirian Belajar Siswa di MAS Laboratorium IKIP Al-Washiyah Medan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan).

Hidayat, D.R., Rohaya, A., Nadie,F., dan Ramadhan,H. (2020). Kemandirian belajar peserta didik dalam pelajaran daring pada masa pandemic covid-19. Perspektif Ilmu Pendidikan,34 (2), 147-154.

Karwono dan Heni, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT.Raja Grafindo Persada.

Ngalimun. (2017). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Putra, A.R.B. (2015). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi kecenderungan perilaku agresif peserta didik di SMKN 2 Palangka Raya tahun pelajaran 2014/2015. Jurnal Konseling gusjing, 1 (2).

Purwanto, M.N. (2013). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan profesionalisme Guru. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Salahudin, Anas. (2010). Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia. Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sriyono, Heru dan Suparaman Ibrahim Abdullah. (2012). Bimbingan dan Konseling Belajar bagi Siswa di Sekolah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sundayana,R. (2016). Kaitan antara Gaya belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Memecahkan masalah Siswa SMP dalam pelajaran matematika Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5 (2), 75-84.

Sugianto, I., Suryandari, S.,& Age,L.D. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemandirian Belajar Siswa di Rumah. Jurnal Inovasi Penelitian, 1 (3), 159-170.

Sugiyono. (2016). Model Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tasaik,H.L.,& Tuasikal,P. (2018). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemandirian belajar peserta didik kelas V SD Impres Samberpasi. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 14(1).

Thohirin. (2014). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Rajawali Pers.

Yamin, Martinis. (2013). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Refere




DOI: https://doi.org/10.30998/jap.v4i1.2248

Article Metrics

Abstract Views : 51 | PDF Views : 44


DOI (PDF): https://doi.org/10.30998/jap.v4i1.2248.g1596

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 yayu sela wati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
Journal of Academia Perspectives is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.