PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMPN 1 BOJONG GEDE
Yayu Selawati(1*),
(1) Fakultas Pascarjana, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Babari,S. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Daniel, Haryano. (2010). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Tim Pustaka Phoenik.
Hasibuan, H.K.A. (2018). Upaya Guru Bimbingan Konseling dalam Mengembangkan Kemandirian Belajar Siswa di MAS Laboratorium IKIP Al-Washiyah Medan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan).
Hidayat, D.R., Rohaya, A., Nadie,F., dan Ramadhan,H. (2020). Kemandirian belajar peserta didik dalam pelajaran daring pada masa pandemic covid-19. Perspektif Ilmu Pendidikan,34 (2), 147-154.
Karwono dan Heni, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT.Raja Grafindo Persada.
Ngalimun. (2017). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu.
Putra, A.R.B. (2015). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi kecenderungan perilaku agresif peserta didik di SMKN 2 Palangka Raya tahun pelajaran 2014/2015. Jurnal Konseling gusjing, 1 (2).
Purwanto, M.N. (2013). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan profesionalisme Guru. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Salahudin, Anas. (2010). Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia. Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sriyono, Heru dan Suparaman Ibrahim Abdullah. (2012). Bimbingan dan Konseling Belajar bagi Siswa di Sekolah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sundayana,R. (2016). Kaitan antara Gaya belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Memecahkan masalah Siswa SMP dalam pelajaran matematika Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5 (2), 75-84.
Sugianto, I., Suryandari, S.,& Age,L.D. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemandirian Belajar Siswa di Rumah. Jurnal Inovasi Penelitian, 1 (3), 159-170.
Sugiyono. (2016). Model Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tasaik,H.L.,& Tuasikal,P. (2018). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemandirian belajar peserta didik kelas V SD Impres Samberpasi. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 14(1).
Thohirin. (2014). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Rajawali Pers.
Yamin, Martinis. (2013). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Refere
DOI: https://doi.org/10.30998/jap.v4i1.2248
Article Metrics
Abstract Views : 51 | PDF Views : 44DOI (PDF): https://doi.org/10.30998/jap.v4i1.2248.g1596
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 yayu sela wati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
Journal of Academia Perspectives is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |