PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VII SMP NEGERI 2 JAWILAN



Khaerunnisa khaerunnisa(1*), Indah Purnamasari(2),

(1) Fakultas Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang memiliki gaya belajar beragam.   Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPS di kelas VII C SMP Negeri 2 Jawilan. Penelitian dilaksanakan di kelas 7C SMP Negeri 2 Jawilan  pada Oktober 2023. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini  yaitu deskriptif  kualitatif. Data penelitian ini diperoleh melalui angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan 66 % peserta didik memiliki gaya belajar visual, 22% peserta didik memiliki gaya belajar kinestetik, dan 12 % peserta didik memiliki gaya belajar auditori.  Peserta didik membentuk kelompok berdasarkan gaya belajarnya. Peserta didik dengan gaya belajar visual dipenuhi kebutuhan belajarnya dengan memaksimalkan penggunaan gambar atau peserta didik membaca buku dan membuat bahan presentasi terkait materi pembelajaran dalam bentuk tulisan yang dilengkapi dengan gambar. Peserta didik dengan gaya belajar auditori  guru memberikan media pembelajaran dalam bentuk video dan memfasilitasi kegiatan diskusi kelompok dan meminta peserta didik untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya. Peserta didik dengan gaya belajar kinestetik, guru memajang materi pembelajaran di dinding kelas sehingga peserta didik difasilitasi kebutuhannya dalam aktivitas bergerak, guru menuntun peserta didik dalam aktivitas bergerak dalam kegiatan pembelajaran dengan observasi di sekitar sekolah melaksanakan pengamatan yang sesuai dengan materi pembelajaran  dan memperbanyak praktik secara langsung dengan bermain peran terkait materi pembelajaran. Peserta didik dapat membuat produk yang beragam sesuai dengan kemampuannya. Pembelajaran berdiferensiasi  yang telah dilaksanakan ini mampu memenuhi kebutuhan belajar peserta didik dan memiliki dampak positif yaitu peserta didik dapat belajar sesuai dengan gaya belajarnya, peserta didik lebih termotivasi, dan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan sesuai dengan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran yaitu sebesar 94%.

 


Keywords


Gaya Belajar; Pembelajaran Berdiferensiasi; Visual; Auditori; Kinestetik.

Full Text:

PDF

References


Alhafiz, N. (2022). Analisis Profil Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 23 Pekanbaru. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(8), 1913-1922.

Derici, R. M., & Susanti, R. (2023). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Guna Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas X SMA Negeri 10 Palembang. Research and Development Journal of Education, 9(1), 414-420.

Himmah, F. I., & Nugraheni, N. (2023). Analisis Gaya belajar siswa untuk pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(1), 31-39.

Naibaho, D. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal of Creative Student Research, 1(2), 81-91.

Nurhidayah, D. A. (2016). Pengaruh motivasi berprestasi dan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika SMP. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 13-24.

Pertiwi, I., Marlina, L., & Wiyono, K. (2023). Analisis Profil Gaya Belajar Peserta Didik Sebagai Data Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas VII. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 8173-8177.

Sari, S. W., Untari, M. F. A., Haryati, T., & Saputro, S. A. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas V untuk Menentukan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2021-2024.




DOI: https://doi.org/10.30998/jap.v4i1.2247

Article Metrics

Abstract Views : 228 | PDF Views : 339


DOI (PDF): https://doi.org/10.30998/jap.v4i1.2247.g1594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Khaerun nisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
Journal of Academia Perspectives is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.