THE INFLUENCE OF INSTAGRAM SOCIAL MEDIA ON HEDONIST LIFESTYLE IN INDONESIAN VOCATIONAL SCHOOL OF Adolescents



Veno Dwi Krisnanda(1*), Kadek Suhardita(2),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Mahadewa Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Hedonisme adalah salah satu tujuan hidup seseorang hanya untuk mendapatkan kesenangan, merupakan hal yang banyak menimpa para remaja. Hal ini terjadi karena industrialisasi dan globalisasi media sosial saat ini. Salah satu akses menggunakan media sosial adalah melalui aplikasi Instagram yang dapat dijadikan sebagai sarana berbagi berbagai momen baik melalui foto maupun video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media sosial Instagram terhadap gaya hidup hedonisme. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 70 responden dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner.Hasil perhitungan analisis persamaan regresi linier diperoleh sebagai berikut Y = 7,855 + 0,732X, perhitungan koefisien korelasi (r) antara variabel X dan Y diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,74. Nilai tersebut menunjukkan bahwa kedua variabel memiliki hubungan yang kuat dan positif. Besarnya pengaruh Media Sosial Instagram terhadap Gaya Hidup Hedonisme adalah 54,76% dan sisanya 25,99% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.


Keywords


Lifestyle, Hedonism, Adolescents, Social Media

Full Text:

PDF

References


Agustini, P. (2021). Warganet Meningkat, Indonesia Perlu Tingkatkan Nilai Budaya di Internet – Ditjen Aptika. Kementerian Komunikasi Dan Informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, 1. https://aptika.kominfo.go.id/2021/09/warganet-meningkat-indonesia-perlu-tingkatkan-nilai-budaya-di-internet/

Effendy, O. U. (2009). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. PT Remaja Rosdakarya.

Gushevinalti. (2010). Telaah kritis perspektif Jean Baudrilard pada perilaku hedonisme remaja. Jurnal Idea Fisipol UMB, 4(15), 46.

Novitasari, D. (2018). Analisis Mitos Gaya Hidup Dalam Iklan #Ada Aqua Versi Selfie. Mediakom, 2(2301), 219–237.

Rizaty, M. A. (2021). Inilah Negara Pengguna Instagra Terbanyak, Indonesia Urutan Berapa? Databoks, https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/0.

Stephen W. Littlejohn. (2014). TEORI KOMUNIKASI ,Theories Of Human Communication (9th Ed.). Salemba Humanika.

Suri, D. (2019). Pemanfaatan Media Komunikasi dan Informasi dalam Perwujudan Pembangunan Nasional. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(2), 177–187. https://doi.org/10.46937/17201926848

Tannsjo, T. (2007). Jurnal Of Happines Studies. Jurnal Hedonisme, 2.




DOI: https://doi.org/10.30998/jap.v3i1.1734

Article Metrics

Abstract Views : 138 | PDF Views : 134


DOI (PDF): https://doi.org/10.30998/jap.v3i1.1734.g1221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Veno Dwi Krisnanda, Kadek Suhardita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
Journal of Academia Perspectives is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.