Pengaruh Kualitas Layanan Gojek Terhadap Kepuasan Konsumen di Wilayah Bogor



Muhammad hilal Badri(1*), Tjipto Djuhartono(2), Rendika Vhalery(3),

(1) Univeristas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Kualitas layanan merupakan salah satu instrumen terpenting untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen dalam bisnis berbasis jasa seperti Gojek, dengan banyak pesaing  yang terus bertambah setiap tahunnya membuat Gojek harus berbenah demi kelangsungan bisnis mereka. Untuk melakukan hal tersebut, konsumen mempunyai peran yang sangat penting didalamnya. Namun, banyak konsumen justru tidak mendapatkan apa yang mereka harapkan dalam kenyataannya yang membuat konsumen merasa tidak puas atas kualitas layanan yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pengaruh kualitas layanan gojek terhadap kepuasan konsumen di wilayah bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan data statistik. Sampel penelitian ini menggunakan nonprobability samping yaitu purposive sampling, adapun sampel populasi dari penelitian ini adalah 58.126 penduduk yang terpusat di wilayah bogor, kecamatan bojonggede. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t  dan diperoleh hasil  yaitu 18,37 > 1,29, sehingga dapat diartikan bahwa pengaruh kualitas layanan gojek terhadap kepuasan konsumen di wilayah bogor sangat kuat.

 


Keywords


Gojek; Qualitiy of service; Cutomer satisfaction

Full Text:

PDF

References


Candrianto. (2017). Kepuasan Pelanggan : Suatu Pengantar. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi. Hapsari, S., & Heryani, R. D. (2019). METODOLOGI PENELITIAN : Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Unindra Press. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta. Tjiptono, F., & Chandra, G. (2017). Service, Quality, dan Satisfaction : Edisi 4. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET. Agussalim, S. O., & Hassan Jan, A. B. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Transportasi Online Gojek di Manado. Jurnal EMBA, Vol. 6 No. 4 September, 2318-2327. Amalia, R. N., Dianingati, R. S., & Annisa, E. (2022). Pengaruh Jumlah Responden Terhadap Hasil Uji Validitas Dan Realibilitas Kuesioner Pengetahuan Dan Perilaku Swamedikasi. Generics : Journal of Research in Pharmacy, Vol. 1 Edisi. 2, e-ISSN : 2774-9967. Anggraini, R., Qomariah, N., & Santoso Budi. (2017). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Ojek Online “Om-Jek” Jember. Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia, Vol. 7 No. 2 Desember, 137-156. Gestari, R. D., & Mariah. (2021). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Pada JD.ID di Jakarta. KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi, Vol. 8 No. 1 Februari. Honey, E., Santoso, A., & Girahani, E. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Pada Warung Internet I-Cafe Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Di Kota Blitar. JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, Vol. 1 No. 2 Desember, e-ISSN : 2621-2374. Setiawan, B. P., & Frianto, A. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Perusahaan Jasa Ekspedisi Krian). Juornal of Bussiness and Innovation Management, Vol.3 No.3 Juni., 352-366. Susanto, B. H., Arifin, R., & Khalikussabir. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Lokasi Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Study kasus pada pelanggan Sarijan Café). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 10-01. Tesar, M., & Suprihhadi, H. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Layanan Gojek di Surabaya. Jurnal Ilmu dan Reset Manajemen, Vol. 11 No. 5 Mei, e-ISSN : 2461-0593. Usvela, E., Qomariah, N., & Wibowo, Y. G. (2019). Pengaruh Brand Image, Kepercayaan dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Herbalife. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia : Vol.5 No.2 Desember 2019, 300-312. Badan Pusat Statistik, K. 2. (2020). Badan Pusat Statistik Kabupaten Bogor. Retrieved from Kecamatan Bojonggede Dalam Angka 2020: https://bogorkab.bps.go.id/publication/2020/09/28/cb03d70f5e098df0a01c4f43/kecamatan-bojong-gede-dalam-angka-2020.html Media Indonesia, P. 2. (2019). Media Indonesia. Retrieved from mediaindonesia.com/humaniora/389057/kemenkominfo-89-penduduk indonesia-gunakan-smartphone: https://mediaindonesia.com/humaniora/389057/kemenkominfo-89-pendudukindonesia-gunakan-smartphone




DOI: https://doi.org/10.30998/jap.v3i1.1712

Article Metrics

Abstract Views : 304 | PDF Views : 773


DOI (PDF): https://doi.org/10.30998/jap.v3i1.1712.g1216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 muhammad hilal badri, tjipto djuhartono, Rendika Vhalery

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
Journal of Academia Perspectives is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.