Efektifitas Penggunaan Bahan Ajar Situs Sejarah Lokal Lampung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa



Nur Indah Lestari(1*), Valensy Rachmedita(2), Risma Margaretha Sinaga(3),

(1) Universitas Lampung
(2) Universitas Lampung
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Bahan ajar merupakan salah satu bagian terpenting, Bahan ajar adalah bahan- bahan atau materi pelajaran yang disusun secara lengkap dan sistematis berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran yang digunakan mahasiswa dalam proses pembelajaran. Bahan ajar bersifat sistematis artinya disusun secara urut sehingga memudahkan mahasiswa belajar sebagai salah satu sumber belajar. Namun pada kenyataanya Seiring perkembangan bahan ajar seharusnya tidak  focus pada satu bahan ajar saja, melainkan harus menggunakan bahan ajar lainnya yang relevan dengan tema perkuliahan. Salah satu cara yang dapat dilakukan dengan mengembangkan bahan ajar berbasis situs sejarah local. Penggunaan bahan ajar yang menggunakan sejarah local masih sangat minim, oleh karena itu diperlukan pengembangan bahan ajar terutama berbasis sejarah local yang mampu meningkatkan hasil belajar mahasiswanya, yang dalam hal ini situs sejarah yang ada di Lampung. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa hasil uji statistic diperoleh hasil signifikan yang diperoleh 0,138>0,05, kemudian terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang sebelumnya pada saat pretest dikelas eksperimen diperoleh nilai rata- rata 63 dan hasil posttest 81,25, sedangkan untuk kelas control  hasil pretest di kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 62,25 dan setelah dilakukan kegiatan diperoleh hasil posttest 73,5.

 

Kata kunci: bahan ajar, situs sejarah, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Astiti, N. K. A. (2004). Tembikar dari Situs Batu Berak (Kebun Tebu) dan Batu Tameng Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Lampung Barat. AMERTA, (23)

Azaryahu, M., & Foote, K. E. (2008). ‘Historical space as narrative medium: on the config- uration of spatial narratives of time at historical sites’, GeoJournal, 73(3).

Brata, I. B., Anto, R., Wartha, I. B. N., & Saputra, I. P. A. (2021). SITUS SEJARAH PEREKAT KERUKUNAN DAN MAKNANYA DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 11(2).

Jaelani, M. S. (2018). Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Karakter Peserta Didik (Ikhtiar optimalisasi Proses Pembelajaran Pendidi kan Agama Islam (PAI)). Jurnal Pendidikan Islam, 10 (2).

Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia.

Magdalena dkk. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2 (2).

Maslina, N. (2018) ‘Situs sejarah an Fungsingnya Dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Kecamatan Lut Tawar. Kabupaten Aceh Tengah’, Skripsi.

Mulyasa E. (2004). Menjadi Guru Profesional: Meniptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung; Remaja Rosdakarya.

Nababan, S. A., Agung, L., & Yamtina, S. (2019) ‘Pemanfaatan Situs Kota Cina Sebagai Sumber Permbelajaran Sejarah Lokal di Kota Medan’, Jurnal ekonomi, sosial & humaniora, 1(4).

Niara, K., & Hotimah, I. H. (2024). Metode Eksperimen dalam Penelitian Pendidikan Sejarah. Jambura History and Culture Journal, 6(1), 57-84.

Nuryasana, E dan Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1 (5).

Panen, P., dan Purwanto.( 2004). Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud.

Prastowo, A. (2015). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu: Implementasi Kurikulum 2013 untuk SD/MI (1st ed.). Prenadamedia Group.

Ruhimat, 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada. Samsinar. (2019). Urgensi Learning Resources (Sumber Belajar) Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, Fakultas Tarbiyah IAIN Bone, 13, (2)

Siska, Y. (2014). Situs Palas Pasemah Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Lokal di Program Studi Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Bandar Lampung. Jurnal LENTERA, 1.

Susanti, T, dkk. (2013). Situs Megalitik Taman Purbakala Desa Pugung Raharjo Kecamatan Sekampung Udik. Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah, 1 (4).

Triaristina, A. Dan Rachmedita, V. (2021). Situs-Situs Sejarah di Lampung Sebagai Sumber Belajar Sejarah. Jurnal of Research in Social Science and Humanities, 1 (2).

Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya . (Jakarta: Rineka Cipta.

Yusuf, P. M. (2010). Komunikasi Instruksional. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.30998/je.v4i2.2773

Article Metrics

Abstract Views : 83 | PDF Views : 39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Sejarah
Universitas Indraprasta PGRI

Address: 

Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760, Indonesia
 
Contact Email : jurnal.estoria@unindra.ac.id
Contact Phone : +62 878-8493-3275
Company : Program Studi Pendidikan Sejarah - Univer
Creative Commons License

Journal of Social Sciences and Humanities is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.