Dinamika Kebudayaan Tionghoa di Semarang



Hafidha Muqsitu Adra(1*),

(1) Universitas Negeri Yoogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Semarang adalah Kota yang sangat kental dengan budaya Tionghoa. Penduduk keturunan Tionghoa sudah ada sejak beraba-abad yang lalu dan menetap di Semarang. Adanya akulturasi budaya Tionghoa menjadikan Semarang sebagai kawasan urban haritage. Tujuan penulisan adalah untuk mengetahui awal mula kedatangan etnis Tionghoa di Semarang, mengetahui awal mula terjadinya akulturasi budaya Tionghoa dan Jawa di Semarang, serta mengetahui perkembangan kebudayaan Tionghoa di Kota Semarang. Penulisan ini menggunakan metode kajian berupa tinjauan teori untuk memperoleh data primer. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data kualitatif dan historis yang disesuaikan dengan permasalahan dan tujuan yang telah ditetapkan.

Keywords


Akulturasi Kebudayaan, Tionghoa, Jawa

Full Text:

PDF

References


https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22012/4/10540044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf.

Koentjaraningrat. 1994. Kebudayaan Jawa. Jakarta: Balai Pustaka.

Melati, Monica Latu, dkk. 2014. Perkembangan Kawasan Pecinan Semarang. Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Fakultas Teknik, Program Studi Arsitektur.

Pamulia, Ayu Anandani. Bab II Tinjauan Mengenai Perkembangan Desa Wisata Yang Mengusung Karakter Budaya Lokal.

Prayito, Ujianto Singgih. 2017. Revolusi Mental Dalam Perspektif Budaya Jawa: Analisis Melalui Pemikiran Pierre Bourdieu. Jakarta: Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI.

Rasyid, Haris, Jenny Nelly Matheosz, dan Djefry Deeng. 2021. Kehidupan Sosial Budaya Etnis Tionghoa di Kota Manado. Vol. 14, No. 4.

Sari, Suzanna Ratih, Eko Punto Hendro. 2020. Konservasi Kampung Pecinan Semarang Sebagai Media Integritas Yang Bedemendi Multikulturalism. Departemen Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Program Studi Antropologi Sosial Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro.

Soegihartono. 2015. Pengaruh Akulturasi Tionghoa & Jawa dalam Perkembangan Bisnis di Semarang. Jakarta: Pusat Pengembangan Etika, Unika Atma Jaya.

Sumarto. 2019. Budaya, Pemahaman dan Penerapannya “Aspek Sistem Religi, Bahasa, Pengetahuan, Sosial, Kesenian dan Teknologi”. Jurnal Literasiologi, Vol. 1, NO. 2.

Sutiyono. Tradisi Masyrakat Sebagai Kekuatan Sinkretisme di Trucuk, Klaten. Jurnal Penelitian Humaniora, Vol. 16, No. 1, 2011.

Wardana, Bima Renditya. 2017. Akulturasi Budaya Masyarakat Tionghoa Dengan Masyarakat Pribumi Di Desa Karangturi, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. Skripsi. Jurusan Politik dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang.




DOI: https://doi.org/10.30998/je.v3i2.1574

Article Metrics

Abstract Views : 286 | PDF Views : 787

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Sejarah
Universitas Indraprasta PGRI

Address: 

Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760, Indonesia
 
Contact Email : jurnal.estoria@unindra.ac.id
Contact Phone : +62 878-8493-3275
Company : Program Studi Pendidikan Sejarah - Univer
Creative Commons License

Journal of Social Sciences and Humanities is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.