STRATEGI PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM MENGHADAPI TANTANGAN PENDIDIKAN INDONESIA DI ABAD 21
Auliya Nur Inayah(1*),
(1) Sultan Ageng Tirtayasa University
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran sejarah dalam menghadapi tantangan pendidikan Indonesia di abad 21. Adapun metode dalam artikel yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif yang bersifat studi pustaka dengan menggunakan sumber melalui berbagai buku dan literatur, dokumen, jurnal, artikel ataupun infomasi dari media cetak maupun elektronik yang relevan dengan penelitian. Dalam dunia pendidikan perlu adanya strategi dalam pembelajaran terutama mata pelajaran sejarah dimana dalam perkembangannya menghadapi beberapa tantangan dalam pendidikan di Indonesia terutama abad 21. Maka, hasil artikel dapat disimpulkan dalam menghadapi tantangan pendidikan diperlukan strategi juga guru sebagai seorang pendidik. Dimana Guru harus memiliki kompetensi yang kuat, memiliki soft agar meningkatkan integritas dan kepribadian bangsa melalui proses pembelajaran.
Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Tantangan Pendidikan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, A., Waluya, S. B., & Asikin, M. (2019). Strategi pembelajaran dalam menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 469-473).
Sururuddin, M., Husni, M., Jauhari, S., Aziz, A., & shofa Ilhami, B. (2021). Strategi Pendidik Dengan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 143-148.
Setiadi, H. (2019). Tantangan Revolusi Industri 4.0: Pembelajaran Abad 21 Di Smk.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 26, pp. 263-278).
Nasution, W. N. (2017). Strategi pembelajaran.
Moh. Sholeh Hamid, Metode Edu Tainment (Menjadikan Siswa Kreatif dan Nyaman di Kelas), Yogyakarta: Diva Press (Anggota IKAPI), 2011.
Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books, 1(1).
Susilo, A., & Sarkowi, S. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43-50.
Parwati, N. P. Y., & Pramartha, I. N. B. (2021). Strategi Guru Sejarah Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Indonesia Di Era Society 5.0. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 22(1), 143-158.
Baroya, E. H. (2018). Strategi pembelajaran abad 21. As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(1), 101-115.
Susanto, H. (2014). Seputar Seputar Seputar Pembelajaran Sejarah Pembelajaran Sejarah (Isu, Gagasan dan Strategi (Isu, Gagasan dan Strategi (Isu, Gagasan dan Strategi Pembelajaran).
Kurniawan, G. F. (2020). Problematika pembelajaran sejarah dengan sistem daring. Diakronika, 20(2), 76-87.
Absor, N. F. (2020). Pembelajaran Sejarah Abad 21: Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Chronologia, 2(1), 30-35.
DOI: https://doi.org/10.30998/je.v3i1.1013
Article Metrics
Abstract Views : 988 | PDF Views : 944Refbacks
- There are currently no refbacks.
Program Studi Pendidikan Sejarah
Universitas Indraprasta PGRI
Address:
Journal of Social Sciences and Humanities is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.