Implementasi Literasi Baca-Tulis dan Numerasi di SDS IT Nurul Yaqin



Ifran Nurtiputra(1), Dewi Indah Susanti(2), Ira Mayasari(3*), Slamet Hamid(4),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengabdian ini dilatarbelakangi karena melihat kondisi literasi dan numerasi di Indonesia dewasa ini sangat memprihatinkan. Bagaimana tidak memprihatinkan, jika kenyataaannya kegiatam literasi dasar yang berkaitan dengan membaca dan menulis masih tergolong sangat rendah. Hal demikian tentu akan dilihat oleh negara-negara lain, terutama oleh negara tetangga. Kenyataan tersebut adalah realita pahit yang terjadi dan harus dihadapi bangsa Indonesia. Tujuan dilaksanakannya program PKM ini yaitu untuk membantu guru menerapakna program lietrasi baca-tulis dan numerasi yang sesuai dengan tingkat SD. Metode pelaksanaan yang digunakan  dalam PKM ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Hasil pengabdian dari kegiatan ini berupa: tahap perencanaan (survei lokasi, wawancara, analisis permasalahan, studi pustaka, menyusun strategi mengajar literasi dan numerasi); tahap pelaksanaan (seperti mengajar, adaptasi teknologi, dan pembuatan program literasi dan numerasi); tahap evaluasi (melakukan refleksi dan pelaporan secara berkala sehingga kegiatan pendampingan ini dapat mengembangkan kemampuan literasi dan numerasi pada peserta didik).


Full Text:

PDF

References


Arfandi, N., Wakhyudin, H., Listyarini, I,. (2024). Menumbuhkan Literasi Numerasi Melalui Model Problem Based Learning Ditinjau Dari Selfconfidience. Jurnal Sekolah PGSD, 8(4), 664–671.

Bella, N. I., Supriadi, S., Nurdiansyah, E., Andi Besse Marda, & Setiawan, I. P. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi di Masa Pandemi Covid-19 di SD Islam Khairu Ummah Makassar. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 245–257. https://doi.org/10.36312/linov.v7i2.713

Setyansah, R. K., Lusiana, R., Murtafiah, W., Suprapto, E., Apriandi, D., & Krisdiana, I. (2024). Pelatihan Peningkatan Kualitas Guru Dan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital Dan Non Digital Di Sd Negeri Panjeng Kabupaten Ponorogo. Jurnal Abdi Insani, 11(2), 1324–1331. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v11i2.1348

Summaries, C. E. (2019). What Students Know and Can Do. PISA 2009 at a Glance, I. https://doi.org/10.1787/g222d18af-en

Susanti, D I, & Prameswari, J. Y. (2021). Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Di SDIT Nurul Yaqin. SINASIS (Seminar Nasional …, 2(1), 128–145.

Susanti, D. I., Prameswari, J. Y., & Anawati, S. (2022). Penerapan Literasi Baca-Tulis Dan Literasi Numerasi Di Kelas Bawah Sekolah Dasar. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 6(1), 82–88. https://doi.org/10.29407/jbsp.v6i1.18330

Syata, W. M., Sabillah, B. M., & Ramadhani, R. (2024). Meningkatkan Literasi Dan Numerasi Pada Anak di SD 130 Inpres Gantarang. ABDI SAMULANG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 86–93. https://doi.org/10.61477/abdisamulang.v3i2.38

Tuhuteru, S., Kaiwai, O., Douw, L., Oni, W., Willi, F., Agapa, R., Kogoya, I., Mabel, R., Karoba, M., & Tabuni, I. (2021). J . A . I : Jurnal Abdimas Indonesia. Abdimas Indonesia, 1(2), 26–32. https://dmi-journals.org/jai/article/view/226

Widyasanti, A., Hermiati, F. K., Aisyah, F. N., & Handayani, V. N. (2023). Pendampingan dan Implementasi Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Literasi Dan Numerasi Di SD Islam Ar-Rahman, Bekasi. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 2142–2154. https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5917




DOI: https://doi.org/10.26539/drndra.v2i1.3736

Article Metrics

Abstract Views : 37 | PDF Views : 25

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Office: 
Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 

--------------------------------------

Dirandra dilisensikan di bawah Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0)


Dirandra Statcounter