SOSIALISASI PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH DI SDN PAGELARAN 04, KEC. CIOMAS, KABUPATEN BOGOR



Hermariyanti Kusumadewi(1*), Rekno sari(2),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mensosialisasikan prinsip dasar pembuatan karya ilmiah sebagai salah satu kewajiban dalam meningkatkan kualitas SDM. Guru merupakan tokoh sentral dalam proses dan kegiatan belajar mengajar di dalam sekolah. Pemegang peran penting ini dituntut memiliki peran sebagai motivator, fasilitator, dan juga supporter yang mendorong peserta didik memiliki kemandirian serta senang akan belajar dan selalu haus akan wawasan. Tujuan yang akan dicapai pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan kompetensi guru-guru melalui sosialisasi pembuatan karya ilmiah pada seluruh guru SDN Pagelaran 04 Kabupaten Bogor. yang menitikberatkan pada eksplorasi kebijakan pendidikan Merdeka Belajar khususnya pada program peningkatan kualitas SDM dalam pembuatan karya ilmiah. osialisasi penulisan karya ilmiah yang baik dan benar di SDN 04 Pagelaran Bogor dilakukan secara daring dengan metode ceramah dengan menggunakan aplikasi perangkat lunak video konferensi google meet. Hasil dari Sosialisasi Penulisan Karya Ilmiah pada Tenaga Pendidik SDN Pagelaran 04, Kelurahan Pagelaran, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, terlihat bahwa para guru sudah mulai paham dengan Penulisan Karya Ilmiah

 

Kata Kunci : karya imiah, sosialisasi, guru SD

Full Text:

PDF

References


Armstrong, T. 2002. Sekolah Para juara: Menerapkan Multiple Intelligences di Dunia Pendidikan. Bandung: Kaifa. Budiningsih, C. Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Campbell, L, et al. 1996. Teaching and Learning through Multiple intelligences. Massachusetts: Allyn and Bacon. Dalton, J. 1990. Creative Thinking and Cooperative Talk in Small Group. Australia: Thomas Nelson. Dryden,G.S. 1999. Revolusi Cara Belajar: Keajaiban Pikiran. Bandung: Kaifa, Fadli. 2010. Teori Kecerdasan Ganda. Dalam http://fadlibae.wordpress.com/2010/03/24/teori-kecerdasan-ganda, diakses pada 1 November 2019. Meier, Dave. 2000. The Accelerated Learning Handbook: A Creative Guide to Designing and Delivering Faster, More Effective Training Programs. Massachusetts: Allyn and Bacon.




DOI: https://doi.org/10.26539/drndra.v2i1.3287

Article Metrics

Abstract Views : 8 | PDF Views : 8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Hermariyanti Kusumadewi, Rekno sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Office: 
Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 

--------------------------------------

Dirandra dilisensikan di bawah Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0)


Dirandra Statcounter