Pelatihan Teknik Penulisan dan Penyuntingan berdasarkan Kaidah Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar pada Lembaga Pertahanan Negara



Nicky Rosadi(1*), Irfanudin Irfanudin(2), Windi Megayanti(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait teknik penulisan dan penyuntingan berdasarkan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar kepada salah satu instansi pertahanan negara (nama instansi tidak dapat kami sebutkan). Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pelatihan yang dilakukan secara terbatas kepada para pegawai instansi yang dalam tugasnya melaporkan informasi penting bagi negara dalam bentuk artikel kepada para pemangku kepentingan negara. Dalam kegiatan ini diketahui bahwa keragaman pemahaman terkait standar penulisan mengakibatkan perbedaan persepsi dan gaya penulisan yang dihasilkan. Hal ini dikarenakan para pegawai di instansi tersebut berasal dari latar belakang instansi pendidikan yang berbeda. Keragaman latar belakang pendidikan ini mengakibatkan laporan yang dihasilkan memiliki persepsi dan gaya penulisan yang berbeda-beda. Oleh karena ini, dengan adanya kegiatan ini, para pegawai memiliki kebaruan informasi terkait teknik penulisan berdasarkan ejaan yang disempurnakan terbaru yang berlaku saat ini (EyD V). Namun, tim menyarankan agar sebaiknya institusi ini memiliki sebuah panduan penulisan yang dapat diacu dan menjadi dasar gaya selingkung bagi para pegawai di instansi tersebut.

Full Text:

PDF

References


Andayani, R. (2020). Variasi Format Penulisan di Kalangan Mahasiswa Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Bahasa, 5(2), 123-135.

Jones, M. (2019). Institutional identity and consistency in document design. Technical Communication Quarterly, 28(1), 34-50.

Kompas.com. (2024). Aspek Ketahanan Nasional yang Hampir Terlupakan. Kompas. https://nasional.kompas.com/read/2024/01/10/11180161/aspek-ketahanan-nasional-yang-hampir-terlupakan?page=all

Rahmawati, D. (2021). Perbedaan Format Penulisan dan Dampaknya Terhadap Kualitas Laporan. Jurnal Manajemen Pemerintahan, 6(1), 89-102.

Rosadi, N., Megayanti, W., Adawiyah, R., Utama, W., & Cahyo, I. D. (2023). Perumusan Standar Penulisan Artikel Ilmiah berdasarkan SNI ISO 215: 2014 di STEI Napala, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Smith, J. (2018). The impact of standardized writing guidelines on organizational communication. Journal of Professional Communication, 45(2), 123-135.

Susanti, L. (2022). Penggunaan EYD dalam Penulisan Laporan Resmi. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(3), 147-159.

Wibowo, A. (2019). Standar Penulisan Laporan di Lembaga Pemerintah. Jurnal Administrasi Publik, 7(2), 67-80.




DOI: https://doi.org/10.26539/drndra.v1i2.3140

Article Metrics

Abstract Views : 23 | PDF Views : 18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nicky Rosadi, Irfanudin Irfanudin, Windi Megayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

--------------------------------------

Dirandra dilisensikan di bawah Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0)


Dirandra Statcounter