Perancangan Poster Disabilitas di SDS IT Nurul Yaqin



Dewi Indah Susanti(1), Febrianto Saptodewo(2*), Atiek Nur Hidayati(3), Yulianto Hadiprawiro(4), Angga Kusuma Dawami(5),

(1) Indraprasta PGRI University
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(5) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Stigma disabiitas masih terus diperbaiki untuk memahami kembali posisi disabilitas pada tingkat pendidikan. Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) perlu dikenalkan dalam lingkungan sekolah untuk membuat sensitifitas dalam lingkugan pendidikan. Perancangan poster dibutuhkan oleh banyak entitas untuk memperbaiki citra. Citra yang baik dapat dikomunikasikan melalui pembangunan jenama yang berkelanjutan. SDS IT Nurul Yaqin merupakan sekolah inklusi yang ramah terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Pada titik ini, apa yang telah dilakukan oleh SDS IT Nurul Yaqin dapat terlihat dari perlakuan terhadap ABK yang terus menerus dibangun positif, namun masih memiliki kekurangan dalam pembangunan sensitifitasnya. Tim Abdimas Unindra berusaha untuk membantu dengan membuat poster guna mengenalkan disabilitas. Metode yang digunakan adalah berpikir desain untuk membentuk kembali poster yang dapat ditawarkan kepada SDS IT Nurul Yaqin. Hasil yang didapatkan adalah bentuk poster yang konsisten untuk membentuk sensitifitas terhadap disabilitas ABK di SDS IT Nurul Yaqin.


Full Text:

PDF

References


Badiah, L. I., Jauhari, M. N., & Membela, S. (2019). Pelaksaan Pembelajaran Braille pada Siswa Tunanetra Kelas di Taman Kanak-Kanak SLB A YPAB SURABAYA. Jurnal Buana Pendidikan FKIP Unipa Surabaya, 15(28), 198.

Hadiprawiro, Y. 2018. Desain Logo dan Maskot “Difabel Klaten” sebagai Brand Awarness Kampanye Sosial Peduli Masyarakat Disabilitas di Klaten, Jawa Tengah. Jurnal Desain Vol. 5 No. 02, Januari 2018.

Prameswari, J. Y., Hadiprawiro, Y., & Susanti, D. I. 2022. The Symbol of Caring for the Environment on a Poster Image by Grade 6 Students at SDS IT Nurul Yaqin Jakarta. Hortatori: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2).Direktorat Pendidikan Masyarakat dan pendidikan Khusus. (2021, Mei 21). DITPKLK | Literasi Bukan Hanya Baca dan Tulis | 2020. https://pk.kemdikbud.go.id/read-news/literasi-bukan-hanya-baca-dan-tulis




DOI: https://doi.org/10.26539/drndra.v1i2.2819

Article Metrics

Abstract Views : 30 | PDF Views : 53

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dewi Indah Susanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

--------------------------------------

Dirandra dilisensikan di bawah Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0)


Dirandra Statcounter