Sosialisasi Materi Bahasa Indonesia Fase A dalam Kurikulum Merdeka di SDS IT Nurul Yaqin, Jakarta Timur



Jatut Yoga Prameswari(1*), Ifran Nurtiputra(2), Bambang Sumadyo(3), Slamet Hamid(4),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Guru dan kurikulum merupakan dua hal yang tidak dapat terpisahkan dalam kegiatan pembelajaran. Kurikulum dapat dikatakan sebagai pedoman awal ketika guru akan memulai pembelajaran di kelas nantinya. Dengan kurikulum itulah seorang guru dapat mengembangkan banyak hal terkait dengan pembelajaran di kelas, misal desain pembelajaran, metode dan strategi pembelajaran, media pembelajaran, materi pembelajaran, serta penilaian dalam pembelajaran. Di dalam kurikulum merdeka SD (Sekolah Dasar) ini terbagi atas beberapa fase yang mengelompokkan kategori berdasarkan kelas dan ini pun berlaku pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Fase A dibatasi pada kelas I—II , Fase B kelas III—IV, Fase C kelas V—VI, Fase D kelas VII—IX, Fase E kelas X, dan Fase F XI—XII. Tiap fase tersebut dijelaskan terkait dengan rasional, tujuan belajar, karakteristik mata pelajaran, capaian umum, capaian per elemen, dan contoh dari ATP. Dengan adanya fase ini memudahkan guru membuat materi ajar sesuai dengan kelompok belajar yang akan diajar nantinya. Namun, hal tersebut bukan berarti tidak terdapat kendala. Guru tetap menemui hambatan atau kendala dalam menyusun materi ajar, khususnya dalam hal ini adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas I dan II. Guru-guru  Bahasa Indonesia di SDS IT Nurul Yaqin pun juga menemui kendala dalam hal tersebut. Bukan hanya soal kreatif dan inovatif, melainkan juga guru perlu menyelaraskan materi ajar dengan ide-ide yang mereka miliki sehingga dapat terbentuk materi ajar yang menyenangkan dan sesuai dengan amanah kurikulum merdeka. Kesulitan yang ditemui oleh guru SDS Nurul Yaqin di antaranya, yaitu mengenai komponen dalam materi ajar, tujuan pembelajaran, rubrik penilaian, refleksi bagi guru, tiap pembelajaran, inspirasi pembelajaran, dan kesalahan yang umum terjadi selama pembelajaran. Situasi tersebut di atas juga dirasakan oleh guru di SSDS IT Nurul Yaqin. Para guru merasa perlu untuk diadakannya sosialisasi dan edukasi mengenai materi Bahasa Indonesia Fase A dalam Kurikulum Merdeka agar dapat konsisten dan memahami dengan baik pentingnya menyiapkan buku panduan khususnya untuk guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SDS IT Nurul Yaqin.


Full Text:

PDF

References


Aji, W. N., and Ngumarno, N. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kabupaten Klaten. Jurnal VARIDIKA, vol. 29, no. 1, pp. 1–8. https://journals.ums.ac.id/index.php/varidika/article/view/5141

Dewayani, S. (2021). Buku Panduan Guru Bahasa Indonesia Aku Bisa! SD KELAS I. http://118.98.166.64/bukuteks/assets/uploads/pdf/Bahasa_Indonesia-BG-Kls_I.pdf

guru.kemdikbud.go.id. (2023). CP & ATP - Bahasa Indonesia Fase A. https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/sd-sma/bahasa-indonesia/fase-a/

Hartiningtyas, W., and Priyanti, E. (2021). Buku Panduan Guru Bahasa Indonesia Keluargaku Unik SD KELAS II, 1st ed. Jakarta: Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://buku.kemdikbud.go.id

Januarti, V., Marmoah, S., and Sriyanto, M. I. (2023). Perencanaan pembelajaran fase A dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, vol. 11, no. 3, pp. 25–28. doi: 10.20961/DDI.V11I3.76376.

Sammi, J. A., and Amir, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 7, no. 3, pp. 22916–22927. doi: 10.31004/JPTAM.V7I3.10229.




DOI: https://doi.org/10.26539/drndra.v1i2.2745

Article Metrics

Abstract Views : 21 | PDF Views : 14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jatut Yoga Prameswari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

--------------------------------------

Dirandra dilisensikan di bawah Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0)


Dirandra Statcounter