Penyusunan Bahan Ajar Bahasa Inggris SMK Terkait Konteks Kejuruan melalui Pemanfaatan Artificial Intelligence



Istiqlaliah Nurul Hidayati(1*), Poppy Sofia Hidayati(2), Abdul Hamid Aly(3),

(1) Universitas Pakuan
(2) Universitas Pakuan
(3) Universitas Pakuan
(*) Corresponding Author

Abstract


Bahan ajar Bahasa Inggris yang digunakan di SMK masih menggunakan materi bahasa Inggris secara umum. Di dalamnya tidak terdapat istilah-istilah khusus yang sesuai dengan jurusannya dan tidak ditemukan juga teks yang sesuai dengan keahlian yang sedang mereka dalami. Kemampuan berbahasa Inggris terutama yang terkait dengan keahlian seseorang akan membantunya berkomunikasi dengan baik dan lancar oleh karenanya siswa perlu berlatih menggunakan bahasa Inggris sesuai dengan konteks kejuruan yang dipelajarinya. Untuk menunjang pembelajaran bahasa Inggris yang sesuai dengan konteks kejuruannya, para guru Bahasa Inggris di sebuah SMK di Kota Bogor dilatih untuk menyusun materi ajar Bahasa Inggris dengan menggunakan bantuan sebuah artificial intelligence yaitu ChatGPT. Dari kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini, para guru berhasil membuat sebuah bahan ajar Bahasa Inggris untuk kelas X jurusan Tata Busana. Bahan ajar ini dapat digunakan selama satu semester dan memuat 7 unit untuk digunakan selama 14 pertemuan.

Full Text:

Naskah Lengkap

References


Allen, W. C. (2006). Overview and evolution of the ADDIE training system. Advances in developing human resources, 8(4), 430-441.

Ali, J. K. M., Shamsan, M. A. A., Hezam, T. A., & Mohammed, A. A. (2023). Impact of ChatGPT on learning motivation: teachers and students' voices. Journal of English Studies in Arabia Felix, 2(1), 41-49.

Bolton, K., & Jenks, C. (2022). World Englishes and English for specific purposes (ESP). World Englishes, 41(4), 495-511.

Javier, D. R. C., & Moorhouse, B. L. (2023). Developing secondary school English language learners' productive and critical use of ChatGPT. TESOL Journal, e755.

Koraishi, O. (2023). Teaching English in the Age of AI: Embracing ChatGPT to Optimize EFL Materials and Assessment. Language Education & Technology (LET Journal), 3(1), 55-72.

Kostka, I., & Toncelli, R. (2023). Exploring Applications of ChatGPT to English Language Teaching: Opportunities, Challenges, and Recommendations. TESL-EJ, 27(3).

McKay, S. L. (2018). English as an international language: What it is and what it means for pedagogy. RELC Journal, 49(1), 9-23.

Mikeladze, T. (2023). Creating teaching materials with ChatGPT.

Purwanto, S., & Nurhamidah, I. (2021). Digitizing English for specific purposes in the era of COVID-19 pandemic. PAROLE: Journal of Linguistics and Education, 11(1), 57-72.

Safira, L., & Azzahra, N. F. (2022). Meningkatkan Kesiapan Kerja Lulusan SMK melalui Perbaikan Kurikulum Bahasa Inggris.




DOI: https://doi.org/10.26539/drndra.v1i1.2570

Article Metrics

Abstract Views : 58 | PDF Views : 75

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Istiqlaliah Nurul Hidayati, Poppy Sofia Hidayati, Abdul Hamid Aly

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

--------------------------------------

Dirandra dilisensikan di bawah Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0)


Dirandra Statcounter