Sosialisasi Peningkatan Literasi Baca-Tulis Siswa melalui Program Start With 10 Minutes dan Pojok Literasi Keliling



Erwan Setiawan(1), Dinni Nurfajrin(2*), Elsa Komala(3), Amira Zakia Khoerunisa(4), Aas Amelia(5),

(1) Universitas Suryakancana
(2) Universitas Suryakancana
(3) Universitas Suryakancana
(4) Universitas Suryakancana
(5) Universitas Suryakancana
(*) Corresponding Author

Abstract


Membaca dan menulis merupakan literasi yang dikenal paling awal dalam sejarah peradaban manusia. Dengan memiliki kemampuan baca-tulis, seseorang dapat menjalani hidupnya dengan kualitas yang lebih baik. Akan tetapi hasil studi PISA 2018 menyatakan bahwa kemampuan membaca siswa Indonesia masih di bawah rata-rata. Hal ini menjadikan gambaran umum bahwa kemampuan literasi baca–tulis siswa di Indonesia masih rendah. Upaya peningkatan kemampuan literasi baca-tulis siswa perlu dilakukan sesegera mungkin. Dalam pengabdian ini, upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan literasi baca-tulis adalah melalui metode pembiasaan, yaitu Start With 10 Minutes, dan pengadaan fasilitas, yaitu Pojok Literasi Keliling. Dari kedua program ini didapatkan respon yang positif dari para siswa, di mana siswa sangat antusias dalam mengikuti kedua program ini. Diharapkan antusiasme ini merupakan awal atau bibit dari tumbuhnya minat baca-tulis dalam diri siswa.

Full Text:

Naskah Lengkap

References


Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis Pengetahuan Numerasi Mahasiswa Matematika Calon Guru. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 237–247. https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/2299/1582

Dafit, F., Mustika, D., & Melihayatri, N. (2020). Pengaruh Program Pojok Literasi Terhadap Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 4(1). https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/307

Faizah, D. U., Sufyadi, S., Anggraini, L., Waluyo, Dewayani, S., Muldian, W., & Roosaria, D. R. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://repositori.kemdikbud.go.id/40/1/Panduan-Gerakan-Literasi-Sekolah-di-SD.pdf

Ifadah, A. S. (2020). Literasi : Pemahaman Literasi Baca - Tulis Anak Usia Dini Pada Mahasiswa PIAUD Semester 4 Universitas Muhammadiyah Gresik. Jurnal Golden Age, 4(2). http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/2419

Irianto, P. O., & Febrianti, L. Y. (2017). Pentingnya Penguasaan Literasi Bagi Generasi Muda Dalam Menghadapi MEA. The 1st Education and Language International Conference Proceedings, 640–647. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1282/989

Nasution, A. (2019). Metode Pembiasaan Dalam Pembinaan Shalat Berjamaah Dan Implikasinya Terhadap Penanaman Budaya Beragama Siswa SMP Negeri 2 Kabawetan. Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 4(1). https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/albahtsu/article/view/2001

Nudiati, D., & Sudiapermana, E. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34–40. https://journal.ilininstitute.com/index.php/IJoLEC

Pengelola Web Kemdikbud. (2019). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. kemdikbud.go.id. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas

Prastyowati, M. (2022). Tumbuhkan Minat Baca melalui Pojok Literasi. radarsemarang.jawapos.com. https://radarsemarang.jawapos.com/artikel/untukmu-guruku/2022/06/29/tumbuhkan-minat-baca-melalui-pojok-literasi/

Schoolofparenting. (2022). 7 Manfaat Buku Cerita Bergambar untuk Anak. edukasi.kompas.com. https://www.ibudanbalita.com/artikel/7-manfaat-memberikan-cerita-bergambar-pada-si-kecil

Seftiawan, D. (2019). Sekolah di Indonesia Minim Menyediakan Bahan Bacaan. www.pikiran-rakyat.com. https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01305826/fixriaupesisir.pikiran-rakyat.com

Sukadari, Komalasari, M. D., & Wihaskoro, A. M. (2018). Efektivitas Penanaman Nilai Integritas pada Siswa SD melalui Buku Wayang Pandawa Bervisi Antikorupsi. Jurnal Anti Korupsi : Integritas, 4(1). https://jurnal.kpk.go.id/index.php/integritas/article/view/154

Tarigan, N. T. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 2(2). http://www.portaluniversitasquality.ac.id:5388/ojssystem/index.php/CURERE/article/view/157/130

TIM Gerakan Literasi Nasional. (2017). Materi Pendukung Literasi Baca - Tulis. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ulya, K. (2020). Pelaksanaan Metode Pembiasaan Di Pendidikan Anak Usia Dini Bina Generasi Tembilahan Kota. Jurnal Pendidikan: ASATIZA, 1(1), 49–60.




DOI: https://doi.org/10.26539/drndra.v1i1.2569

Article Metrics

Abstract Views : 47 | PDF Views : 28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Erwan Setiawan, Dinni Nurfajrin, Elsa Komala, Amira Zakia Khoerunisa, Aas Amelia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

--------------------------------------

Dirandra dilisensikan di bawah Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0)


Dirandra Statcounter