Pelatihan Kreatif Menulis Puisi di STKIP Pesisir Selatan



Efrianto Efrianto(1*), Afnita Afnita(2),

(1) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pesisir Selatan
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author

Abstract


Program pelatihan kreatif menulis puisi di STKIP Pesisir Selatan adalah inisiatif edukatif yang bertujuan mengembangkan keterampilan menulis kreatif, khususnya dalam konteks puisi, di kalangan mahasiswa. Meskipun memiliki potensi besar, program ini dihadapkan pada sejumlah permasalahan yang perlu diatasi. Pertama, terdapat kendala pada kurikulum yang padat, di mana mahasiswa merasa sulit menyisihkan waktu dari tugas-tugas akademis utama untuk berpartisipasi dalam kegiatan kreatif, terutama menulis puisi. Kedua, tekanan akademis yang tinggi juga menjadi hambatan, menyebabkan sebagian mahasiswa kesulitan mengalokasikan waktu untuk mengeksplorasi kreativitas sastra. Ketiga, kurangnya apresiasi terhadap seni dari dosen atau sesama mahasiswa turut berpengaruh terhadap motivasi dan pengembangan kreativitas. Dalam konteks ini, artikel ini akan mengulas solusi dan rekomendasi untuk mengatasi permasalahan tersebut guna meningkatkan efektivitas program pelatihan penulisan kreatif menulis puisi  di lingkungan STKIP Pesisir Selatan.

Full Text:

Naskah Lengkap

References


Abrahams, D. &. (2022). Trust and the appreciation of art. .

Ambarwati, A. &. (2021). Am Authentic assessment analysis of literary writing skills ‘Poetry’based on the concept of creative thinking in students at Ihsaniyah High School. .

Aziz, R. (2023). Creativity in higher education: the effect of personality on students’ creative thinking skills. Thinking Skills and Creativity Journal,.

Bernard, F. (2014). Writing and reading Byzantine secular poetry.

Darazi, M. A. (2021). Dkey factors influencing creative writing skill: students’perceptions in an elt context at higher education level. Pakistan Journal of Educational Research,. pakistan.

Efrianto. (2023). Superlasional Kemampuan Berpikir Kreatif dan Keterampilan Menulis Puisi Mahasiswa Melalui Metode Konstruktivisme dan Pemodelan.

Efrianto, E. B. (2022). The Effectiveness of the Modeling Method in Learning Writing Poetry Skills. .

Göçen, G. (. (2019). The effect of creative writing activities on elementary school students’ creative writing achievement, writing attitude and motivation.

Ismayilova, K. &. (2023). IsmayiTeaching creatively in higher education: The roles of personal attributes and environment. Scandinavian.

Jamaluddin. (2003). Problematik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Kitanovska–Ristoska. (2021). Introducing The Concept Of Creative Writing As An Important Element Of Imrpoving The Creativity Of Students At Tertiary Education.

Liu, M. (2019). Correlation between Aesthetic Ability and Art Appreciation.

Mastandrea, S. W. (2021). Mastandrea, S., Wagoner, Liking for abstract and representational art: National identity as an art appreciation heuristic.

Waluyo, H. J. (1995). Teori dan Apresiasi Puisi.

Waluyo., H. J. (2010). Pengkajian dan Apresiasi Puisi. Salatiga: Widyasari.




DOI: https://doi.org/10.26539/drndra.v1i1.2568

Article Metrics

Abstract Views : 26 | PDF Views : 40

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Efrianto Efrianto, Afnita Afnita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

--------------------------------------

Dirandra dilisensikan di bawah Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0)


Dirandra Statcounter