Pelatihan Technology-Enhanced EFL Knowledge Building di SMP Al-Basyir Kabupaten Bogor



Leora Grahadila Andovita(1*), Asih Wahyuni(2),

(1) Universitas Pakuan
(2) Universitas Pakuan
(*) Corresponding Author

Abstract


Menanggapi pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan, pola pikir dalam kurikulum mengalami remodifikasi. Dengan adanya perubahan ini, diharapkan mampu menciptakan generasi adaptif untuk dapat menghadapi Revolusi Industri dengan potensi yang dimiliki oleh siswa. Potensi tersebut berkaitan dengan karakteristik new learning yaitu student center, multimedia, collaborative work, information exchange, dan critical thinking in an information making. Namun demikian, proses untuk mencapai target memaksimalkan potensi siswa mengalami kendala. Pertama, siswa belum terbiasa melakukan pembelajaran self-regulated dengan melakukan langkah-langkah instruksional sehingga dapat memanfaatkan teknologi sebagai sarana informasi pengetahuan yang relevan dan kredibel yang berkaitan dengan topik belajar mata pelajaran Bahasa Inggris. Kedua, siswa belum terbiasa melakukan self-assessment terhadap hasil belajarnya dengan menggunakan bite size practice yang tersedia online. Jika kedua isu ini tidak segera diatasi, maka visi SMP Al Basyir yang mengedepankan pembelajaran berbasis IPTEK dan IMTAK tidak akan terwujud. Solusi atas permasalahan tersebut adalah memberikan pemahaman terhadap langkah-langkah untuk melakukan belajar mandiri dan memberikan latihan self-assessment tools berbantuan teknologi.

Full Text:

Naskah Lengkap

References


Collins A, Halverson R. (2010). The second education revolution: Rethinking education in the age of technology. Journal of Computer Assisted Learning. 26:18–27. doi: 10.1111/j.1365-2729.2009.00339.x.

Data Sekolah Kabupaten Bogor https://dapo.kemdikbud.go.id/sp/2/020500 [diakses pada 7 Maret 2023]

Gibbons, M. (2002). The Self-regulated Learning Handbook. San Francisco: Jossey-Bass A Wiley Imprint.

Kristiawan, M. (2014). A Model for Upgrading Teachers Competence on Operating Computer as Assistant of Instruction. Global Journal of Human-Social Science Research.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik (Permendikbud) Indonesia Nomor 65 tahun 2013a tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Permendikbud Ristek Nomor 5 Tahun 2022 tentang Standar Kompetensi Lulusan

Profil SMP Al-Basyir https://albasyirbogor.com/profil-smp/ [diakses pada 7 Maret 2023]

Sutrisno. (2012). Kreatif mengembangkan aktivitas pembelajaran berbasis TIK. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Student Self Assessment. https://www.teaching.unsw.edu.au/self-assessment [diakses pada 4 Mei 2023]

Wineburg, S., McGrew, S., Breaktone, J., and Ortega, T. (2016). Evaluating Information: The Cornerstone of Civic Online Reasoning. Stanford Digital Repository.




DOI: https://doi.org/10.26539/drndra.v1i1.2566

Article Metrics

Abstract Views : 56 | PDF Views : 30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Leora Grahadila Andovita, Asih Wahyuni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

--------------------------------------

Dirandra dilisensikan di bawah Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0)


Dirandra Statcounter