Perancangan branding Nasi Gudeg Sary Heart Kitchen



Ika Rusdika Dewi(1*), Riya Wahyuni(2), Adi Iryanto(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Sekolah Tinggi Desain Interstudi
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah branding usaha UMKM Nasi Gudeg Sary Heart Kitchen agar dapat memiliki identitas visual dan mudah dikenali dan diingat oleh konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam merancang pembuatan desain branding adalah kualitatif deskriptif, studi literatur, serta wawancara dengan pemilik usaha. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Brand usaha yang dirancang mengusung konsep kekinian dengan mempertahankan nama yang sudah melekat pada UMKM. Hal ini, merupakan upaya dalam membantu menciptakan identitas visual dari usaha yang dijalankan serta menginformasikan pentingnya sebuah brand dalam membangun sebuah usaha. Hasil dari rancangan yang diperoleh adalah logo, spanduk dan banner yang merupakan bagian dari branding serta media promosi.


Keywords


Branding; UMKM; Visual Identity

Full Text:

PDF

References


Kamal, M. N., & Trinanda, R. (2021). Perancangan Kemasan “Batiah Ranah Minang” Makanan Khas Payakumbuh. Dekave: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 11(1), 1-12.. https://doi.org/10.24036/Dekave.V11i.112330.

Firmansyah, F., Andrijanto, M. S., & Pramudita, P. (2024). Perancangan Buku Ilustrasi Sejarah Jalur Rempah Banten Sebagai Salah Satu Warisan Dunia Tak Benda. Cipta, 3(1), 72-86. https://doi.org/10.30998/cipta.v3i1.3131.

Meylina, C., Nuruzzaman, M., & Lestari, A. D. (2024). Identitas Visual Dalam Logo Gojek Solv. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 3(6), 805-818. https://doi.org/10.54443/sibatik.v3i6.2055.

Oscario, A. (2013). Pentingnya peran logo dalam membangun brand. Humaniora, 4(1), 191-202. https://doi.org/https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i1.3429.

Rinaldi, A., & Jannah, S. M. (2024). Strategi Employee Branding Pullman Ciawi Vimala Hills Melalui Kampanye# Diversityforall. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 3(6), 819-828. https://doi.org/10.54443/sibatik.v3i6.2057.

Sya’idah, E. H., jauhari, T., Fauzia, I. N., & Safitri, M. N. (2020). Pengaruh Brand Equity terhadap KeputusanPembelian. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 5(3), 204–216. https://doi.org/10.32503/jmk.v5i2.1000.

Wahyuni, R. (2023). Perancangan Ikon-Ikon Betawi Menjadi Desain Produk sebagai Sarana Melestarikan Kebudayaan Indonesia. Cipta, 2(2), 160-168. https://doi.org/10.30998/cipta.v2i2.2274.




DOI: https://doi.org/10.30998/cipta.v3i2.3338

Article Metrics

Abstract Views : 104 | PDF Views : 61

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ika Rusdika Dewi, Riya Wahyuni, Adi Iryanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Creative Commons License
Cipta is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License 

View Cipta Stats