Perancangan buku cerita bergambar Kera dan Burung Manyar sebagai visualisasi kisah pada naskah Tantri Kamandaka



Nadia Sarah Cahyan Dian(1*), Santi Sidhartani(2), Martha Tisna Ginanjar Putri(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Naskah Tantri Kamandaka merupakan salah satu karya sastra Bali berbentuk prosa Bali Purwa yang menggambarkan fenomena kehidupan masyarakat dalam bentuk cerita binatang (fabel) yang berisi tentang khazanah cerita Nusantara, mengandung pendidikan moral dan etika sebagai refleksi dari sifat-sifat manusia yang dapat menjadi media untuk membangun pendidikan karakter bangsa. Tujuan perancangan buku cerita bergambar ini untuk melestarikan dan memperkenalkan cerita Tantri Kamandaka pada masyarakat luas yang mengandung pendidikan etika dan moral terutama generasi penerus bangsa serta untuk meningkatkan literasi dan minat baca pada anak dan ke seluruh masyarakat Indonesia tentang cerita fabel yang diadaptasi dari naskah kuno Nusantara serta ingin melestarikan cerita fabel Nusantara Tantri Kamandaka agar tidak punah. Metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan melakukan studi pustaka, observasi dan wawancara dengan narasumber selaku penulis cerita pendek, aktivis sastra Bali, dan wikimediawan Bahasa Bali. Hasil yang dicapai dari penelitian berikut ini adalah dibuatnya buku cerita bergambar yang berjudul Kera Dan Burung Manyar. Melalui perancangan buku cerita bergambar ini diharapkan anak-anak dapat lebih mengenal cerita-cerita dari Naskah Tantri Kamandaka khususnya cerita Tantri serial cerita kera dan burung manyar sejak dini selain cerita dongeng modern dari luar negeri.

Keywords


Buku Cerita Bergambar; Cerita Fabel Nusantara; Carita Tantri; Naskah Tantri Kamandaka

Full Text:

PDF

References


Adnyaswari, A. A. A. D. (2016). Desain Komunikasi Visual Sebagai Sarana Memperkenalkan Cerita Tantri “Gajah Nyapa Kadi Aku” Di Bali. (Tesis). Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Denpasar, Bali.

Anggraini, L., & Nathalia, K. (2014). Desain Komunikasi Visual: Panduan untuk Pemula. Bandung: Nuansa Cendekia.

Bagus, I. G. N., (1980). Ni Diah Tantri. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Proyek Penerbitan Buku Bacaan Sastra Indonesia Dan Daerah.

Bestari, A. G., & Ishartiwi, I. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Mood Board Terhadap Pengetahuan Desain Busana pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Busana. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 121–137.

Galura, R. (2014). Layout majalah sebagai sebuah cerminan identitas pembaca studi kasus layout majalah cosmopolitan dan aneka yes. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 121–137. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(3). DOI: https://doi.org/10.30656/lontar.v2i3.341.

Monica, & Luzar, L. C. (2011). Efek Warna Dalam Dunia Desain Dan Periklanan. Humaniora Binus, 2(2), 1084-1096. Diakses dari https://journal.binus.ac.id/.

Nurgiyantoro, B. (2019). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pasek, I. M. (2006). Carita Tantri. Denpasar: Yayasan Dharma Sastra Denpasar.

Perdana, K. A., & Murwonugroho, W. (2017). Gaya Ilustrasi Indies (Studi Perbandingan Poster Film Tiga Dara Versi Orisinal Dan Restorasi). Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain, 2(2), 185-200.

Oktavia, W. (2020). Transkrip Edisi Kritis Hikayat Bayan Budiman (Br. 115). Human Narratives, 2(1), 1-14. DOI: https://doi.org/10.30998/hn.v2i1.580.

Rahmawati, S. (2014). Tinjauan Buku: Menilik Cerita Tantri Dalam Kidung Tantri Kediri. Jumantara: Jurnal Manuskrip Nusantara, 5(1), 160-166. DOI:https://doi.org/10.37014/jumantara.v5i1.374.

Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh penggunaan buku cerita bergambar terhadap kemampuan berbicara anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267-275.

Simarmata, M. H. (2014). Upaya Meningkatkan Pemahaman dan Aktivitas Lisan Siswa pada Materi Perjuangan Melawan Penjajah Melalui Metode Mind Mapping Bergambar di Kelas V. (Skripsi). PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Soewardikoen, D. W. (2019). Metodologi Penelitian: Desain Komunikasi Visual. Daerah Istimewa Yogyakarta: PT Kanisius.

Suarka, I. N., & Gede Bawa, A. A. (2018). Cerita Klasik Tantri Kamandaka sebagai Sumber Ekonomi Kreatif. Jurnal Kajian Bali, 8(1), 181-200. DOI:10.24843/JKB.2018.v08.i01.p10.

Sukmantari, H., & Januarsa, A. (2012). Mengenalkan Keanekaragaman Burung Endemik Indonesia Melalui Perancangan Buku Ensiklopedia untuk Anak-anak. Reka Makna: Jurnal Komunikasi Visual, 2(2), 93-100. Diakses dari https://scholar.google.com/.

Supriyatini, S. (2019). Tema Cerita Tantri Pada Lukisan Kaca Anak-anak Di Komunitas Batu Belah Art Space Di Desa Lepang, Klungkung. Prabangkara: Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 23(2), 90–99. Diakses dari https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/prabangkara/article/view/915.

Susilawati, H. (2016). Preservasi Naskah Budaya Di Museum Sonobudoyo. Jurnal Kajian Ilmu Dan Perpustakaan Al Maktabah, 1(62). 61-68. DOI: 10.29300/mkt.v2i2.2323.

Tarigan, N. T. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 2(2). 141-152. http://dx.doi.org/10.36764/jc.v2i2.157.

Tinarbuko, S. (2015). DEKAVE: Desain Komunikasi Visual Penanda Zaman Masyarakat Global. Daerah Istimewa Yogyakarta: CAPS.

Tobing, S. L., Afif, R. T., & Sumarlin, R. S. (2023). Perancangan Concept Art Karakter 2d Mbok Jamu Sebagai Media Edukasi Mengenai Jamu Tradisional Pada Remaja. eProceedings of Art & Design, 10(6). 9046-9062. Diakses dari https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/article/view/21756/.




DOI: https://doi.org/10.30998/cipta.v2i3.2802

Article Metrics

Abstract Views : 187 | PDF Views : 172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nadia Sarah Cahyan Dian, Santi Sidhartani, Martha Tisna Ginanjar Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Creative Commons License
CIPTA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License 

View CIPTA Stats