Perancangan buku ilustrasi Beruang Madu berjudul si kecil pemanjat ulung yang terancam punah
Sukma Nurpahala(1*), Santi Sidhartani(2), Qisthi Maghfiroh(3),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian untuk memberikan wawasan edukasi kepada masyarakat khususnya anak sekolah dasar dan menengah mengenai beruang madu satwa langka. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan mengumpulkan beberapa penelitian merupakan studi literatur dari buku, skripsi, jurnal dan hasil wawancara serta observasi langsung ke lokasi penelitian. Hasil penelitian yang telah didapat yaitu bahwa media yang dibuat berupa buku ilustrasi. Perlunya membuat media melalui buku ilustrasi sebagai upaya untuk edukasi mengenai beruang madu satwa langka kepada generasi penerus bangsa. Melalui edukasi sejak awal tentunya akan memudahkan kita dalam membangun sikap perduli, menimbulkan perkembangan yang baik kedepannya. Khususnya anak yang berusia 7-13 tahun sehingga sesuai segmentasi yang ditetapkan. Konsep desain dilengkapi dengan gambar ilustrasi, dan dilengkapi dengan penjelasan berupa teks narasi sehingga informasi yang didapat lebih jelas. Peneliti berharap dengan adanya media informasi berupa buku ilustrasi kepada masyarakat luas khususnya anak-anak. Buku ini akan dipublikasikan dengan cara dijual pada toko buku seluruh Indonesia. Dalam perancangan ini diharapkan buku ilustrasi ini mampu menimbulkan minat membaca anak-anak khususnya sekolah dasar sampai sekolah menengah pertama terhadap buku pengetahuan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andes. (2015). Beruang Madu Balikpapan. Diakses pada 28 Oktober 2023 dari http://balikpapanpustaka.blogspot.com/2015/05/beruang-madu balikpapan.html.
Ananta, & Rantri Y. (2019). Desain Komunikasi Visual. Perancangan Buku Cerita Bergambar Siti Manggopoh Pahlawan yang Terlupakan. 9(1), hlm. 1-14.
Arsana, B. (2013). Sketsa dan gambar 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
Arifah, N. L. & Anggapuspa, M. L. (2023). Jurnal Barik. Pengaruh Elemen Visual Pada Konten Instagram Rintik Sedu Dalam Meraih Engagement Audiens. 4(3), hlm 141-151.
Detik.com, Mengenal Makhluk Hitam Misterius di Agam yang Ternyata Beruang Madu. Diakses pada 28 Oktober 2023 dari https://inet.detik.com/science/d-5599463/mengenal-makhluk-hitam-misterius-di-agam-yang-ternyata-beruang-madu.
Estyadi, A. B. (2022). Aktivitas harian beruang madu (helarctos malayanus raffles, 1821) pada pusat rehabilitasi harimau sumatera dharmasraya (pr-hsd) arsari sumatera barat. (Skripsi). Fakultas Pertanian, Program Studi Kehutanan, Jambi.
Eko. (2020). Beruang madu, Sun Bear, Helarctos malayanus. Diakses dari https://www.planterandforester.com/2020/12/beruang-madu-helarctos-malayanus.html.
Fadli, M. R. (2021). Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum. Memahami desain metode penelitian Kualitatif, 21(1) hlm. 34.
Fatmawati, A. (2022). Beruang Madu (Helarctos malayanus): Taksonomi, Status Kelangkaan,Morfologi, dan Konservasi. Diakses dari https://foresteract.com/beruang-madu/.
Firdhiana, S. & Anggapuspa, M. L. (2021). Jurnal Barik. Perancangan Buku Ilustrasi Mengenal Jajanan Khas Kota Probolinggo Sebagai Media Edukasi Anak Usia 6 – 12 Tahun. Fakultas Bahasa Dan Seni, Universitas Negeri Surabaya, 3(1) hlm. 170-180.
Fauzan, N. A. (2017). Perancangan Buku Ilustrasi Kumpulan Hadits Pilihan Bagi Anak Dalam Kegiatan Sehari-Hari. (Skripsi). Jurusan Desain Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Indonesia, Yogyakarta.
Gunalan, S. (2019). Desain Visual Dan Komunikasi. Tinjauan Cover Buku Biografi I Wayan Pengsong “The Rites and Romanticism of Lombok Island “, Program Studi Desain Komunikasi Visual. Universitas Bumigora Mataram, 1(2) hlm. 65-71.
Hidayah, K., & Wijayanti, F. (2019). Available online at AL-KAUNIYAH. Kelimpahan Beruang Madu (Helarctos malayanus Raffles, 1821) Di Taman Nasional Kerinci Seblat, Sumatera, 12(2) hlm. 142–149.
Hananto, A. (2021). Mengenal Delapan Spesies Beruang di Dunia. Diakses dari https://www.mongabay.co.id/2021/06/23/mengenal-delapan-spesies-beruang-di-dunia/.
Hendratmat, H. 2017. Computer Graphic Design (1 ed.). Bandung: Informatika.
Ihtarosa, H. (2019). Perancangan Komik Promosi Pariwisata Penangkaran Beruang Madu di Balikpapan. (Skripsi). Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Indonesia, Yogyakarta.
Idntimes.com, 5 Fakta Beruang Madu, Satu-satunya Beruang yang Hidup di Indonesia. Diakses pada 29 Oktober 2023 dari https://www.idntimes.com/science/discovery/peter-eduard/fakta-beruang-madu-c1c2.
Kuntoro, B. T. & Hardjono, N. (2019). Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Ips Sd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, 8(1), 13-19.
Kusrianto, A. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: C.V.
Kusumo, A. (2019). Seri Satwa Taman Nasional Tesso Nilo Beruang Madu – Jenis Beruang terkecil didunia. Diakses dari http://ksdae.menlhk.go.id/info/6114/beruang-madu-taman-nasional-tesso-nilo.html.
Luzar, L. C. (2011). Humaniora Binus. Efek warna dalam dunia dan periklanan. 2(2) hlm. 1084-1096.
Makarim, F. R. (2021). Tahap Perkembangan Anak Usia 7-8 Tahun. Diakses dari https://www.halodoc.com/artikel/tahap-perkembangan-anak-usia-7-8-tahun.
Ngabekti, S. (2013). Biosaintifika of Biology & Biology Education. Konservasi Beruang Madu di Kwplh Balikpapan Honey Bear Conservation in KWPLH Balikpapan, 5(2), hlm. 115-120.
Pratiwi, N., Yurisma, D. Y., & Patricia. F. D. dkk. (2019). Art Nouveau. Perancangan Buku Ilustrasi Satwa Langka Di Indonesia Dengan Teknik Digital Watercolor Sebagai Media Edukasi Anak Usia 6-12, Institut Bisnis dan Informatika STIKOM Surabaya, 8(1), 1-9.
Rustan, S. (2011). Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Suryani, Y., Fitri, N.A., Tatiana, E., & Taupiqurrohman, O. dkk. (2021). Kajian Perilaku Beruang Madu (Helarctos Malayanus) Di Kandang Transit Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Tengah. Gunung Djati Conference Series, Seminar Nasional Biologi (Semabio) Volume 6. 200-208. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.
Sultantv.co. (2018). Kenalan dengan Beruang Madu, Satwa Endemic Kalimatan. Diakses pada 5 Oktober 2023 dari https://sultantv.co/yuk-kenali-beruang madu-satwa-endemic-kalimatan/.Sridayani. (2022). Perilaku Harian Beruang Madu (Helarcotus Malayanus) Di Kawasan Bontomarannu Education Park. (Skripsi) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 1-6.
Soedarso, N. (2014). Binus Journal Publishing. Perancangan Buku Ilustrasi Perjalanan Mahapatih Gajah Mada, 5 (2), hlm. 561-570.
Sugihartono, R. P. (2015). e-Proceeding of Art & Design. Perancangan Buku Ilustrasi Manfaat Buah Dan Sayur Untuk Anak Anak, Fakultas Industri Kreatif Universitas Telkom, 2(3), 1099-1108.
Savitri, F. A. & Setiawan, D. (2018). Kependidikan Dasar. Pengembangan Buku Menggambar Ilustrasi. SDN Banding 01 Semarang, 9(1) hlm. 58-63.
Tangselife.com, Beruang Madu Viral Berdiri Tegak Dikira Manusia Pakai Kostum, Simak 5 Faktanya. Diakses pada 29 Oktober 2023 dari https://tangselife.com/news/beruang-madu-viral/2#!.
Wibawa, A. P. (2013). ISACFA 2013 The Aesthetic of Prasi, Australia Barat: Exhibit Cullity Gallery, University of Westren Australia.
Yusuf, T. M. M. (2014). Keanekaragaman Jenis Pohon Pakan Beruang Madu Di Areal Konservasi Pt. Rapp Estate Meranti, Riau. (Tesis). Institut Pertanian Bogor, 1-48.
Zainudin, A. (2022). Pengertian Hue, Value, Saturation (HSV) dan Hue, Value, Lightness (HSL). Universitas sains & Teknologi Komputer. Diakses dari https://desain-grafis-s1.stekom.ac.id/informasi/baca/Pengertian-HueValue-Saturation-HSV-dan-Hue-Value-HSL/e9be52bfc3ff8544b09c9e0063132975a80db44a.
DOI: https://doi.org/10.30998/cipta.v2i3.2735
Article Metrics
Abstract Views : 175 | PDF Views : 208Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Sukma Nurpahala, Santi Sidhartani, Qisthi Maghfiroh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
CIPTA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License