Perancangan Buku Ilustrasi Jamur di Sekitar Kita sebagai Media Literasi Anak



Muhamad Alfajri(1), Santi Sidhartani(2), Fitria Iswari(3*),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Meningkatkan kegiatan membaca sejak dini merupakan hal yang penting di era gempuran generasi yang serba digital ini . Buku ilustrasi bergambar tentang jamur adalah salah satu media yang dapat digunakan sebagai upaya dalam meningkatkan pembiasaan anak. Tujuan penelitian untuk merancang buku ilustrasi berjudul “jamur di sekitar kita” sebagai sarana edukasi yang dapat memperkenalkan jamur dan menyalurkan rasa ingin tahu serta ketertarikan yang tinggi dari anak-anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan  teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan) teknik pengumpulan data yang berbeda-beda untuk mendapatkan data dari sumber yang sama. Dengan demikian metode tersebut dapat diterapkan dalam penelitian perancangan buku ilustrasi “Jamur di Sekitar Kita”, sehingga informasi akan tersampaikan dengan baik. Berdasarkan hasil yang telah dicapai dalam penelitian ini adalah sebuah buku ilustrasi yang berisikan informasi mengenai beberapa jamur yang ada di sekitar masyarakat, mulai dari morfologi bentuknya, substrat tempat tumbuhnya jamur, serta aman atau tidaknya jamur tersebut untuk di konsumsi. Penyampaian informasi tersebut dikemas menggunakan ilustrasi yang menarik disesuaikan berdasarkan target dari pembacanya yaitu anak-anak. Diharapkan dengan adanya buku ini dapat mengedukasi dan juga menjadi salah satu solusi dari kurangnya media informasi terkait jamur yang diperuntukkan kepada anak-anak.


Keywords


Buku Ilustrasi; Jamur, Media; literasi

Full Text:

PDF

References


Annissa, I., Ekamawanti, H. A., & Wahdina. (2017). Keanekaragaman Jenis Jamur Makroskopis di Arbotertum Sylvia Universitas Tanjungpura. Jurnal Hutan Lestari, 5(4), 969–977. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmfkh/article/viewFile/22874/18135.

Bear, J.H. (2020). Learn the Basics of Contrasting Colors on the Color Wheel (Online), (https://www.lifewire.com/contrasting-colors-in-design

Benediktus. (2017). Upaya Guru Meningkatkan Minat Baca Pada Siswa Renjana Pendidikan Dasar - Vol. 3 No. 1 Februari 2023 29 Kelas Iii. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 10. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/in dex.php/pgsd/article/download/8137 /7743

Firda, A., & Suharni. (2022). Tingkat Kemampuan Literasi Sains Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3868–3876. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.1928

Hadi, A. A., Sarifah, A., Maftuhah, T., Putri, W. D., Guru, P., & Dasar, S. (2023). Rendahnya Minat Baca Anak Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 3(1), 22–30. https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/303

Kembaren, Y. A., Kartono, G., & Mesra, M. (2020). ANALISIS KARYA POSTER BERDASARKAN UNITY, LAYOUT, TIPOGRAFI, DAN WARNA. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 9(1), 122–126. https://doi.org/10.24114/gr.v9i1.18187

Lukens, R. J. (2003). A Critical Hndbook of Children’s Literature. Longman

Maharsi, I. (2016). Ilustrasi (Raynortisti & S. Veda (ed.); 1 ed.). Badan penerbit ISI

Prawiro, M. (2019). Pengertian Sketsa: Fungsi, Tujuan, Jenis, Unsur dan Contoh Sketsa (Online), (https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-sketsa.html). diakses pada 17 Januari 2023

Rahma, K., Mahdi, N., & Hidayat, M. (2018). Karasterisik Jenis Jamur Makrosopis di Perkebunan Kelapa Sawit Kecamatan Meurobo Aceh Barat. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 6(1), 157–164. https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/PBiotik/article/view/4252

Rahmawati, S. I. (2015). Jamur Sebagai Obat. Jurnal Agroindustri Halal, 1(1), 14– 24. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/jah.v1i1.361

Retnowati, A., Rugayah, Rahajoe, J. S., & Arifiani, D. (2019). Status Keanekaragaman Hayati Indonesia: Kekayaan Jenis Tumbuhan dan Jamur Indonesia (I. Purwo & S. H. Kusuma (ed.); 1 ed.). LIPI Press. https://penerbit.brin.go.id/press/catalog/book/206

Ria, F. X., Awe, E. Y., & Laksana, D. N. L. (2023). Kemampuan Membaca Pemahaman dalam Pembelajaran Literasi dengan Suplemen Buku Cerita Bergambar: Studi Tindakan Kelas pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 570–577. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.1006

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33.




DOI: https://doi.org/10.30998/cipta.v2i2.2583

Article Metrics

Abstract Views : 136 | PDF Views : 108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhamad Alfajri, Santi Sidhartani, Fitria Iswari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Creative Commons License
CIPTA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License 

View CIPTA Stats