Perancangan Buku Ilustrasi Jamur di Sekitar Kita sebagai Media Literasi Anak
Muhamad Alfajri(1), Santi Sidhartani(2), Fitria Iswari(3*),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Meningkatkan kegiatan membaca sejak dini merupakan hal yang penting di era gempuran generasi yang serba digital ini . Buku ilustrasi bergambar tentang jamur adalah salah satu media yang dapat digunakan sebagai upaya dalam meningkatkan pembiasaan anak. Tujuan penelitian untuk merancang buku ilustrasi berjudul “jamur di sekitar kita” sebagai sarana edukasi yang dapat memperkenalkan jamur dan menyalurkan rasa ingin tahu serta ketertarikan yang tinggi dari anak-anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan) teknik pengumpulan data yang berbeda-beda untuk mendapatkan data dari sumber yang sama. Dengan demikian metode tersebut dapat diterapkan dalam penelitian perancangan buku ilustrasi “Jamur di Sekitar Kita”, sehingga informasi akan tersampaikan dengan baik. Berdasarkan hasil yang telah dicapai dalam penelitian ini adalah sebuah buku ilustrasi yang berisikan informasi mengenai beberapa jamur yang ada di sekitar masyarakat, mulai dari morfologi bentuknya, substrat tempat tumbuhnya jamur, serta aman atau tidaknya jamur tersebut untuk di konsumsi. Penyampaian informasi tersebut dikemas menggunakan ilustrasi yang menarik disesuaikan berdasarkan target dari pembacanya yaitu anak-anak. Diharapkan dengan adanya buku ini dapat mengedukasi dan juga menjadi salah satu solusi dari kurangnya media informasi terkait jamur yang diperuntukkan kepada anak-anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Annissa, I., Ekamawanti, H. A., & Wahdina. (2017). Keanekaragaman Jenis Jamur Makroskopis di Arbotertum Sylvia Universitas Tanjungpura. Jurnal Hutan Lestari, 5(4), 969–977. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmfkh/article/viewFile/22874/18135.
Bear, J.H. (2020). Learn the Basics of Contrasting Colors on the Color Wheel (Online), (https://www.lifewire.com/contrasting-colors-in-design
Benediktus. (2017). Upaya Guru Meningkatkan Minat Baca Pada Siswa Renjana Pendidikan Dasar - Vol. 3 No. 1 Februari 2023 29 Kelas Iii. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 10. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/in dex.php/pgsd/article/download/8137 /7743
Firda, A., & Suharni. (2022). Tingkat Kemampuan Literasi Sains Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3868–3876. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.1928
Hadi, A. A., Sarifah, A., Maftuhah, T., Putri, W. D., Guru, P., & Dasar, S. (2023). Rendahnya Minat Baca Anak Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 3(1), 22–30. https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/303
Kembaren, Y. A., Kartono, G., & Mesra, M. (2020). ANALISIS KARYA POSTER BERDASARKAN UNITY, LAYOUT, TIPOGRAFI, DAN WARNA. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 9(1), 122–126. https://doi.org/10.24114/gr.v9i1.18187
Lukens, R. J. (2003). A Critical Hndbook of Children’s Literature. Longman
Maharsi, I. (2016). Ilustrasi (Raynortisti & S. Veda (ed.); 1 ed.). Badan penerbit ISI
Prawiro, M. (2019). Pengertian Sketsa: Fungsi, Tujuan, Jenis, Unsur dan Contoh Sketsa (Online), (https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-sketsa.html). diakses pada 17 Januari 2023
Rahma, K., Mahdi, N., & Hidayat, M. (2018). Karasterisik Jenis Jamur Makrosopis di Perkebunan Kelapa Sawit Kecamatan Meurobo Aceh Barat. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 6(1), 157–164. https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/PBiotik/article/view/4252
Rahmawati, S. I. (2015). Jamur Sebagai Obat. Jurnal Agroindustri Halal, 1(1), 14– 24. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/jah.v1i1.361
Retnowati, A., Rugayah, Rahajoe, J. S., & Arifiani, D. (2019). Status Keanekaragaman Hayati Indonesia: Kekayaan Jenis Tumbuhan dan Jamur Indonesia (I. Purwo & S. H. Kusuma (ed.); 1 ed.). LIPI Press. https://penerbit.brin.go.id/press/catalog/book/206
Ria, F. X., Awe, E. Y., & Laksana, D. N. L. (2023). Kemampuan Membaca Pemahaman dalam Pembelajaran Literasi dengan Suplemen Buku Cerita Bergambar: Studi Tindakan Kelas pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 570–577. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.1006
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33.
DOI: https://doi.org/10.30998/cipta.v2i2.2583
Article Metrics
Abstract Views : 180 | PDF Views : 149Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Muhamad Alfajri, Santi Sidhartani, Fitria Iswari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
CIPTA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License