Perancangan Film Animasi Pendek Jelajah Bersama Fara Mengenal Budaya Yogyakarta



Danika Aurelia(1), Alfiansyah Zulkarnain(2*),

(1) Universitas Pelita Harapan
(2) Universitas Pelita Harapan
(*) Corresponding Author

Abstract


Indonesia adalah negara yang memiliki beraneka ragam suku dan budaya serta kesenian dan kebudayaan salah satunya pakaian adat tradisional. Namun kurangnya buku dan media pembelajaran mengenai budaya Nusantara untuk pendidikan sekolah dasar dapat menyebabkan anak-anak melupakan atau bahkan sama sekali tidak mengenali macam-macam pakaian adat dan rumah adat nusantara. Berdasarkan hal tersebut Tugas akhir ini bertujuan untuk menghasilkan Transmedia Storytelling berupa film animasi pendek dua dimensi berdurasi sekitar 3-6 menit dengan format 1920 x 1080 HD sebagai MP4. Film animasi pendek ini fokus mengajarkan tentang pakaian dan rumah adat Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam makalah ini adalah Studi Pustaka dan wawancara. Beberapa studi yang dilakukan berupa riset pada beberapa buku, jurnal, artikel ilmiah, dan website yang berhubungan dengan topik proyek ini. Wawancara dilakukan untuk riset terkait Polly Pocket dan penyusunan cerita serta pendalaman teknis film animasi pendek untuk anak-anak usia 7 tahun. Desain film animasi pendek “Jelajah Bersama Fara” dibuat berdasarkan kata kunci cute dan colorful. Pada sesi edukasi difokuskan membahas 5 pakaian adat dan 4 rumah adat Yogyakarta. Diharapkan anak usia 7 tahun yang tinggal di ibu kota dan orang tua termotivasi untuk berpartisipasi melestarikan pakaian adat nusantara dan mengerti pentingnya manfaat pembelajaran menggunakan media edukasi interaktif.

Keywords


Budaya Yogyakarta; Media Edukasi Interaktif; Animasi Terbatas

Full Text:

PDF

References


Agustin, D. (2011). "Penurunan Rasa Cinta Budaya Dan Nasionalisme Generasi Muda Akibat Globalisasi." Jurnal Sosial Humaniora, 2011: 4, 177.

Al-Ali, H. (2019). The Shape of Character Design. Diakses tanggal 1 November 2022. https://medium.com/media-reflections-past-present-future/the-shape-of-character-design-78c66eb97518.

Annisa, A.N., Sari, L.F., Bachri, M.S., Fauroni, M.R, Setiani, R. (2019). Lunturnya Kearifan Lokal Permainan Tradisional Pada Siswa Smp Negeri 1 Purwodadi”. JURNAL ILMU BUDAYA, Vol. 7, No. 1 (2019). Universitas Hasanuddin.

Blair, P. (1994). Cartoon Animation. Laguna Hills: Walter Foster Publishing.

Brewer, S. (2013). Collecting Polly Pocket. Diakses tanggal 1 November 2022. https://www.worldcollectorsnet.com/articles/collecting-polly-pocket/.

Carter, P. (2016). THE EVOLUTION OF POLLY POCKET – THE TINY TOYS FOR GIRLS. Diakses tanggal 1 November 2022. https://www.retroheadz.com/culture/evolution-polly-pocket/.

Irwanto, Aspilayani, Wahyuddin, (2014). "Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional Dalam Rangka Pengembanganpendidikan Dan Karakter Bangsa." Jurnal PENA, Vol.1, No.1 (2014). DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v1i1.10

Julian, E. (2021). Pentingnya Melestarikan Arsitektur Tradisional di Indonesia. Diakses tanggal 1 November 2022. https://www.kompasiana.com/elmer12032/60018997d541df65695a9817/pentingnya-melestarikan-arsitektur-tradisional-di-indonesia.

Khobir, A. (2009). "Upaya Mendidik Anak Melalui Permainan Edukatif." Edukasia Islamika, vol. 7, no. 2, Dec. 2009.

Maulana, A.I. (2019). "YOGYAKARTA MENJAGA KEBUDAYAAN JAWA DI ERA GLOBALISASI." 2019. Research Gate. Diakses tanggal 1 November 2022. https://www.researchgate.net/publication/338236962_YOGYAKARTA_MENJAGA_KEBUDAYAAN_JAWA

Pangestika, E.A., Aripin, Setyanto, D.W. (2015). "Perancangan Game Edukasi Pengenalan Pakaian Adat Nusantara." Udinus Repository. Unviersitas Dian Nuswantoro.

Permatasari, B.D.I. (2021). Apa yang Istimewa dari Daerah Istimewa? Menilik Realita di Balik Layar Istimewanya Yogyakarta. Diakses tanggal 1 November 2022. https://www.kompasiana.com/berlianadwiindahp/6064bc38d541df45c31e3bd2/apa-yang-istimewa-dari-daerah-istimewa-menilik-realita-di-sebalik-layar-istimewanya-yogyakarta?page=all#section1.

Pertiwi, I., Daryanto, H. (2013). "Upaya Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Menggunakan Boneka Tangan Pada Kelompok B Di Tk Tunas Bangsa Karang Newung Sukodono Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013". Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta..

Utomo, Y; Herlawati, & Sihombing, E.G. (2015). "Animasi Interaktif Pengenalan Pakaian Adat Tradisional Pada Smp Pgri 1 Bekasi." Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, Vo.1, No. 1 (2015). ISSN: 2442-2436.

Verb Now (2021). 5 Toys that are Just Like Polly Pocket. Diakses tanggal 1 November 2022. https://verbnow.com/toys-like-polly-pocket/.




DOI: https://doi.org/10.30998/cipta.v2i2.2419

Article Metrics

Abstract Views : 92 | PDF Views : 49

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Danika Aurelia, Alfiansyah Zulkarnain

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Creative Commons License
CIPTA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License 

View CIPTA Stats