Perancangan Buku Cergam Pesan Moral dari Naskah Sunda Kuno Sang Hyang Siksa Kandang Karesian
Nadya Dwi Lestari(1), Agung Zainal M. Raden(2), Hamidah Apriani(3*),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk merancang buku cerita bergambar Sanghyang Siksa Kandang Karesian dengan judul Petuah Guru Untuk Sang Murid. Sumber kajian utama dari cerita ini adalah terjemahan naskah Sanghyang Siksa Kandang Karesian (SSKK) yang ditulis oleh Ilham Nurwansah pada 2020, buku tersebut berisi nasihat-nasihat lampau raja atau guru kepada warganya mengenai kehidupan sehari-hari. Tujuan utama dalam rancangan buku ini adalah untuk memperkenalkan sisa sejarah kepada anak-anak dengan usia tertentu melalui karya seni berupa cerita yang di visualkan, juga untuk meningkatkan minat membaca dan melestarikan naskah kuno di Indonesia. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu metode pengumpulan, analisis dan interpretasi data dengan cara mengumpulkan informasi melalui pertanyaan-pertanyaan tertulis maupun lisan seperti wawancara dengan narasumber. Hasil yang dicapai adalah buku cerita bergambar berjudul Petuah Guru Untuk Sang Murid, yang menampilkan grafis dari sebuah naskah kuno Sanghyang Siksa Kandang Karesian (SSKK). Buku cerita bergambar ini menampilkan pembelajaran sejarah mengenai kehidupan zaman dahulu. Kebutuhan visualnya menampilkan elemen dan gaya yang disesuaikan dengan target khalayak yang dituju yaitu anak-anak dengan usia 4-12 tahun, karakter visual yang dirancang ada tiga yaitu raja dan dua orang murid bernama Calagara dan Calagari dengan sifat yang bertolak belakang, ini diharapkan dapat menjadi pembelajaran bagi masyarakat terutama pembaca, orang tua, dan anak-anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Creswell, J.W. (2009). Research design (Pendekatan kualitatif, kuantitatif dan mixed). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Fitry. (2020). Upaya melestarikan naskah kuno. Sulawesi Selatan: Pustaka Taman Ilmu.
Glitschka, V. (2011). Vector basic training. Amerika: The United States of Amerika
Lumbangaol, D.W. (2010). Analisis teks naskah kuno etnopsikoterapi “Tambar Ni Kulit” dalam budaya batak simalungun. Medan : Unimed.
Nurwansah, I. (2020). Siksa kandang karesian: teks dan terjemahan. Jakarta: Perpusnas Press.
Pramudya, W.E. (2022). Galang dukungan untuk siksa kandang. Pikiran Rakyat. Oktober 2022.
Rohidi, T.R. (1984). Lintasan peristiwa dan tokoh seni rupa Indonesia baru. Semarang: IKIP Semarang Press
Sarwono, J. (2006). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Susilawati, H. (2017). Preservasi naskah budaya di museum sonobudoyo. Yogyakarta: ejournal Bengkulu.
Swadarma, D. (2013). Penerapan mind mapping dalam kurikulum pembelajaran. Jakarta : Kompas Gramedia.
DOI: https://doi.org/10.30998/cipta.v2i2.2358
Article Metrics
Abstract Views : 93 | PDF Views : 88Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Nadya Dwi Lestari, Agung Zainal M. Raden, Hamidah Apriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
CIPTA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License