Perancangan Ikon-Ikon Betawi Menjadi Desain Produk sebagai Sarana Melestarikan Kebudayaan Indonesia
Riya Wahyuni(1*),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Kebudayan di Indonesia memiliki keunikan yang dapat menarik perhatian orang-orang, entah itu dari Nusantara sendiri maupun dari luar Indonesia dan salah satu kebudayaan yang menarik perhatian adalah kebudayaan Betawi. Betawi memiliki kesenian yang menjadi ikon khasnya dimana saat orang melihatnya mereka dapat mengenali bahwa itu merupakan ciri khas milik orang Betawi. Maka dari itu, menjadikan budaya sebagai salah satu ide untuk usaha terutama di bidang desain juga merupakan salah satu cara untuk melestarikan dan mempromosikan budaya pada kalangan luar, baik itu di luar pulau jawa atau di luar negeri. Penelitian ini memfokuskan pada pengambilan ide desain produk baru usaha small business Art_room. Id yang mengusung tema budaya nusantara terutama budaya Betawi sebagai desainnya, dengan hasil akhir pembuatan produk menggunakan sablon digital nantinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, metode kualitatif merupakan metode menganalisis sebuah konsep desain yang menghasilkan data deksriptif terkait asal desain tersebut sebelum di aplikasikan pada media produk yang akan dipakai yakni tote bag.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Halimah, S. L., & Sabardila, A. (2023). Aspek Pembelajaran dari Kesenian Barongan bagi Masyarakat Desa Bejirejo. Jurnal Budaya Nusantara, 6(1), 181-194. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_budaya_nusantara/issue/view/500/235
Indarti, I. (2020). Metode Proses Desain dalam Penciptaan Produk Fashion dan Tekstil. BAJU: Journal of Fashion & Textile Design Unesa, 1(2) 128-137. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/baju/article/view/37340/33132
Moleong, L. J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Rosda.
Piliang, N. D. A., Rachman, A., & Kurniawan, R. A. (2023). Implementasi Motif Kain Lurik Dalam Karakter Animasi Berbasis Kearifan Nusantara. Jurnal Desain, 10(3), 421-433. https://doi.org/10.30998/jd.v10i3.13094
Purbasari, M. (2010). Indahnya Betawi. Humaniora, 1(1), 1-10. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_budaya_nusantara/issue/view/500/235
Rosita, E., Astuti, E. P., & Fadilah, I. (2021). Doodle Art dalam Kemasan Kembang Goyang. Paravisual: Jurnal Desain Komunikasi Visual dan Multimedia, 1(1), 9-16. https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/paravisual/article/view/2497/pdf_3
Rukiah, Y., Saptodewo, F., & Alam, B. P. (2021). Makna Ornamen Pada Arsitektur Rumah Kebaya Tradisional Betawi. Deskomvis: Jurnal Ilmiah Desain Komunikasi Visual Seni Rupa Dan Media, 2(1), 33-42. http://dx.doi.org/10.38010/dkv.v2i1.32
Sijabat, S., Indah, T. A., Ramadhan, F., Pulungan, A. R., & Hasibuan, S. H. (2021). Faktor-Faktor Yang Menentukan Keberhasilan Produk Melalui Desain Logo Pada Produk Og Home Care. Kesatria: Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer dan Manajemen), 2(4), 195-199. https://pkm.tunasbangsa.ac.id/index.php/kesatria/article/view/82/82
DOI: https://doi.org/10.30998/cipta.v2i2.2274
Article Metrics
Abstract Views : 140 | PDF Views : 120Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Riya Wahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
CIPTA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License