Perancangan Identitas Visual Rumah Makan Situjuah di Dukuh Zamrud Bekasi
Fariko Edwardi(1*),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
“Pongek” masakan dari buah cubadak atau nangka muda, dimasak dengan menggunakan belanga dan dialas daun pisang sampai bumbu gulai mengering. Masakan tersebut selalu menjadi menu andalan bagi rumah makan Situjuah di Jl. Zamrud Utara 4 Blok N1 No. 29 Dukuh Zamrud, Kelurahan Padurenan, Kecamatan Mustika Jaya, Bekasi. Jawa Barat. Kehadiran Rumah Makan masakan Padang ini dirintis sejak 2018, dan sudah mulai dikenal dari informasi pengunjung. Masa pandemi ditahun 2020 terjadi penurunan pengunjung, dan pemilik tetap bertahan, dengan mengurangi menu, penjualan lebih menggunakan pemesanan diawal (pre-order) memanfaatkan media online yakni whatsApp dan instragram. Berawal dari keinginan pemilik, memulai membenahi tempat makan, dan merancang logo dan atribut visual lainnya. Tujuan perancangan ini adalah merancang ulang identitas visual rumah makan Situjuah ini sesuai dengan elemen dan prinsip desain komunikasi visual menjadi citra tersendiri, karena itu perancangan ini diharapkan akan mampu meningkatkan jumlah pelanggan. Perancangan ini menggunakan beberapa tahapan yaitu pengumpulan data, analisis data, dan perancangan, proses pengumpulan data melalui wawancara dengan owner rumah makan Situjuah, dan sedangkan prosen analisis data menggunakan metode SWOT, diperoleh dari data observasi ke lokasi, dokumentasi langsung. Perancangan identitas visual rumah makan Situjuah di Dukuh Zamrud, Bekasi, akan menghasilkan manual book sebagai media utama, yang berfungsi sebagai petunjuk pengaplikasian merek agar tetap terjaga dan konsisten, berupa logo/ identitas visual, jenis huruf, sebagai media utama, dan pengaplikasian logo sebagai media penunjang promosi seperti banner, stationary set, poster, kalender, baju, dan sebagainya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aaker, D. (1996). Membagun Merek yang kuat. The Press
Aulia, S. H., & Hidayat, D. (2022). Perancangan Prototype Mobile Apps Jasa Ekspedisi PT. Pos Indonesia. Cipta, 1(2). https://journal.unindra.ac.id/index.php/cipta/article/view/1277/1169
Carter, R. (1998). Typographic Design: Form and Communication. Wiley: New York
Handiko. (2021). Marawa sebuah bendera hasil kebudayaan minangkabau. https://dutadamaisumaterabarat.id/marawa-sebuah-bendera-hasil-kebudayaan-minangkabau/ Diakses 1 Mei 2021
Kartajaya, H. (2002). Hermawan Kertajaya on Marketing. Edisi Pertama. PT. Gramedia: Jakarta.
Kusrianto, A. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Penerbit Andi : Yogyakarta
Minamiyama, H. (2007). World Branding. Gingko Press: Tokyo
Rasyid, H. N. (2004). Ensiklopedia Makanan Tradisional Indonesia. Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata : Jakarta
Rustan, S. (2009). Mendesain Logo. Jakarta: Gramedia
Sachari, A. (2000). Pengantar Desain. Penerbit ITB: Bandung.
Sihombing, D. (2001). Tipografi dalam Desain Grafis. Gramedia: Jakarta
Supriyono, R. (2010). Desain Komunikasi Visual Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Vadila. (2018). Spirit Kapitalisme Rumah Makan Padang yang Dikelola Etnis Minang di Sleman, Yogyakarta.
Wheeler, A. (2013). Designing brand identity: an essential guide for the whole branding team. John Wiley & Sons.
DOI: https://doi.org/10.30998/cipta.v1i3.1789
Article Metrics
Abstract Views : 258 | PDF Views : 429Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Fariko Edwardi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI
Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
CIPTA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License