Proses Perancangan Karya The Phini-Sea Menggunakan Media Kolase Digital



Faisal Akbar(1*),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Teknologi menjadi salah satu bagian dari proses berkesenian bahkan menjadi media berkesenian itu sendiri. Keberadaan teknologi dalam praktik berkesenian saat ini mampu merubah cara pandang dan juga cara produksi sebuah karya serta kegiatan seni. Berbagai bidang seni yang biasanya menggunakan cara konvensional mulai menggunakan bantuan teknologi. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi dalam menciptakan ruang pamer digital, Fakultas Seni dan Desain (FSD) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Phinisi Fest #1 2023: International Art & Education Virtual Exhibition. Sebuah pameran Internasional secara virtual yang dilaksanakan pada tanggal 24-26 Februari 2023 dengan mengangkat tema “Celebrating the Diversity of Art and Education in Unity” kemudian mengumumkan dan mengundang secara terbuka (open call), untuk menjaring seniman peserta. hal tersebut menjadi alasan dibuatnya penelitian ini, dengan tujuan pelaporan proses perancangan karya dengan judul “The Phini-Sea” menggunakan media kolase digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi terhadap subjek perancangan, mengumpulkan data yang berpedoman pada buku-buku, jurnal maupun artikel online pada situs internet yang berkaitan. Adapun tahapan penelitian menggunakan pendekatan proses desain yaitu eksplorasi, perancangan dan perwujudan. Hasil dari penelitian ini dapat menunjukan bagaimana proses perancangan untuk menghasilkan sebuah karya kolase (final artwork) dimuat dalam pameran Phinisi Fest #1 2023: International Art & Education Virtual Exhibition yang diadakan oleh Fakultas Seni dan Desain (FSD) Universitas Negeri Makassar (UNM) secara virtual.


Keywords


Designing Digital Works, Digital Collages, Virtual Art Exhibitions.

Full Text:

PDF

References


Anggarini, A., Bangun, D. A. N., & Saripudin, I. (2020). Alternatif model penyusunan mood board sebagai metode berpikir kreatif dalam pengembangan konsep visual. Journal Printing and Packaging Technology, 1(1): 1-7.

Creswell, J. W. (2019). “Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, dan Campuran”, Cetakan IV. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hahury, R. M. S., & Wahyudi, A. T. (2022). Analisa Pengaplikasian Teori Warna Dan Penggunaan Siluet Dalam Desain Karakter. Jurnal DKV Adiwarna, 1, 14

Khairunnisa, I., Hasna, A. D., Kharoline, H. B., & Noor, A. A. (2021). Inovasi Virtual Exhibition Masa Depan. Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia, 3(1), 28-34.

Kustian, N. G. (2021). Penggunaan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 30-37.

Ling, G. R. & Julistiono, E. K. (2018). Fasilitas Seni Digital di Surabaya. eDimensi Arsitektur Petra, 6(1), 145-152.

Mukti, J. A. (2016). “Penciptaan Tokoh Plengeh Kedalam Lukisan Lowbrow”. [Skripsi]. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Jurusan Pendidikan Seni Rupa dan Kerajinan, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta.

Senoprabowo, A., Widya Laksana, D. A., & Putra, T. P. (2020). Inovasi Ornamen Masjid Agung Demak Untuk Motif Batik Kontemporer Khas Demak. Ars: Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 23 (2), 118–127.

Susanto, M. (2011). “Diksi Seni Rupa: Kumpulan Istilah & Gerakan Seni Rupa (edisi revisi)”. Yogyakarta: DictiArt Lab.

Widya, L. A. D., & Darmawan, A. J. (2016). Bahan Ajar Kursus Dan Pelatihan Desain Grafis: Pengantar Desain Grafis Level 1. Jakarta: Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan, Ditjen Paud dan Dikmas, Kemendikbud RI.

Wisetrotomo, S. (2020). “Kuratorial Hulu Hilir Ekosistem Seni”, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Nyala

https://bit.ly/VirtualExhibitionPhinisiFest2023, (diakses pada 24 Februari 2023, Pukul 13.05 WIB).

https://www.instagram.com/p/CocYUAbJFb8/, (diakses pada 28 Februari 2023, Pukul 13.09 WIB).

https://www.instagram.com/p/CocYTIvpofE/, (diakses pada 28 Februari 2023, Pukul 13.14 WIB).

https://www.instagram.com/p/CoogBEVv4lj/, (diakses pada 28 Februari 2023, Pukul 13.15 WIB).

https://www.instagram.com/p/CoogBEVv4lj/, (diakses pada 28 Februari 2023, Pukul 13.16 WIB).

https://anyflip.com/ssbkb/vxgi/, (diakses pada 28 Februari 2023, Pukul 14.20 WIB). https://suaracelebes.com/26/02/2023/fsd-unm-gelar-pameran-dan-pertunjukkan-seni-pengkarya-berasal-dari-17-negara/, (diakses pada 28 Februari 2023, Pukul 15.16 WIB).

https://inisulsel.com/2023/02/25/fsd-unm-gelar-pameran-dan-pertunjukkan-seni- pengkarya-berasal-dari-17-negara/, (diakses pada 28 Februari 2023, Pukul 15.42 WIB).




DOI: https://doi.org/10.30998/cipta.v1i3.1767

Article Metrics

Abstract Views : 477 | PDF Views : 338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Faisal Akbar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Creative Commons License
CIPTA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License 

View CIPTA Stats