Perancangan Cergam Tadashi Maeda sebagai Samurai Jepang Pembela Kemerdekaan Indonesia



Muhammad Algifan(1), Hamidah Apriani(2*), Taufiq Akbar(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian untuk merancang buku cerita bergambar Laksamana Tadashi Maeda yang berjudul Samurai Jepang untuk Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi secara langsung dengan melakukan wawancara kepada edukator Museum Naskah Proklamasi dan observasi tidak langsung dengan cara studi literatur yaitu mengambil bacaan-bacaan dari jurnal atau artikel ilmiah yang ada di internet dan kemudian dianalisis berdasarkan pemikiran dan pemahaman. Target dari buku cerita bergambar ini untuk memberi pengetahuan sejarah kemerdekaan Republik Indonesia kepada kalangan pelajar yang duduk di bangku SMP dan SMA agar dapat mengetahui jasa para pahlawan Republik Indonesia dan mencontoh keteladanannya. Gaya ilustrasi yang digunakan adalah gambar vektor dengan Gaya Flat Design dengan membuat sebuah karakter yang sangat sederhana. Kelebihan dari media buku cerita bergambar adalah untuk menjaga sejarah yang telah tercatat bahwa Laksamana Maeda turut serta dalam perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia dan bertujuan menjadi sumber yang dapat dijadikan referensi agar setiap orang tertarik untuk membacanya, serta mengetahui perjuangan yang dilakukan oleh Laksamana muda Tadashi Maeda.

Keywords


Picture Story Book; Laksamana Maeda; Japanese Samurai

Full Text:

PDF

References


Burhan, Nugiyantoro. (2005). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Dardjowidjojo, Soedjono. (2003). Psikolinguistik: Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Indra, R.M. (1989). Peristiwa-peristiwa di Sekitar Proklamasi 17-8-1945.

Maharsi I. (2016). Ilustrasi. Yogyakarta: Badan Penerbit ISI.

Pratama, B. A. (2015, 16 Agustus). Nishimura Toaji Mengenang 70 Tahun Silam Pembelotan Sang Ayah.[Online]. Diakses dari https://www.cnnindonesia.com/nasional/20150816150314-20- 72478/nishimura-toaji-mengenang-70-tahun-silam-pembelotan-sang-ayah.

Seefeldt, Carol dan Barbara A.Wasik. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Jakarta: PT Indeks.

Supriyono, Rakhmat. (2010). Desain Komunikasi Visual: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi.

Suryo, A, & Ipong, J. (2011). Detik-detik Proklamasi. Jakarta: Narasi.




DOI: https://doi.org/10.30998/cipta.v1i2.1444

Article Metrics

Abstract Views : 312 | PDF Views : 179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Algifan, Hamidah Apriani, Taufik Akbar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Creative Commons License
CIPTA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License 

View CIPTA Stats