Perancangan Purwarupa Mobile Apps Untuk Menyampaikan Pesan Self-Love



Santi Asia Wijayanto(1), Dicky Hidayat(2*),

(1) Telkom University
(2) Telkom University
(*) Corresponding Author

Abstract


Kesehatan mental menjadi masalah yang dihadapi oleh banyak orang selama masa pandemi Covid-19 ini. Di Indonesia saat ini, kasus depresi atau kecemasan berlebihan meningkat sejak masa pandemi Covid-19. Oleh karena itu, self-love dapat menjadi faktor penting sebagai langkah dasar menjaga kesehatan mental. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan purwarupa mobile apps yang dapat menyampaikan pesan mengenai self love secara efektif dan menarik perhatian target audiens. Penelitian diawali dengan penelitian kualitatif deskriptif sebagai dasar dari proses perancangan yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan design thinking. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, studi pustaka, dan wawancara dengan pihak perusahaan serta praktisi User Interface dan User Experience. Data yang diperoleh kemudian dianalisis sehingga muncul beberapa pokok bahasan pada penelitian ini, yaitu Multimedia, Mobile Apps, Gamificaton, User Experience, User Interface,  Desain Komunikasi Visual, dan Business Model Canvas. Pokok-pokok bahasan tersebut sangat penting dan berguna untuk merancang purwarupa mobile apps yang sesuai dengan tujuan yang ditentukan dan dapat menjadi solusi untuk permasalahan yang dihadapi.

Keywords


Self-love; Mental Health; Mobile Application; User Interface; User Experience

Full Text:

PDF

References


Borenstein, Jeffrey. (2020). Self-Love And What It Means. Diakses pada https://www.bbrfoundation.org/blog/self-love-and-what-it-means (27 Maret 2022, 19:12).

Ford, Corey. (2010). An Introduction to Design Thinking-Process Guide. Stanford, California: Institute of Design Stanford.

Fundrika, Bimo Aria & Fikri, Luthfi Khairul. (2020). 32 Persen Masyarakat Indonesia Alami Masalah Gangguan Jiwa Selama Pandemi. Diakses pada https://www.suara.com/health/2020/10/14/171948/68-persen-masyarakat-indonesia-alami-masalah-gangguan-jiwa-selama-pandemi (27 Maret 2022, 20:02).

Hendriyana, Husein. (2021). Metode Penelitian Penciptaan Karya Practice-Ied Research and Practice Based Research Seni Rupa, Kriya dan Desain. Yogyakarta: Andi

Hidayat, Dicky; Mat Desa, Mohd. Asyiek Bin. Representasi Nilai-Nilai Pandangan Hidup Orang Sunda Dalam Mobile Apps Kisah Lutung Kasarung (Analisis Semiotika Roland Barthes). Demandia : Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan, [S.l.], v. 4, n. 01, p. 81 – 97.

Kemp, Simon. (2022). Digital 2022: Indonesia. Diakses pada https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia (28 Maret 2022, 20:22).

Sandoiu, Anna. (2018). Why Self-Love Is Important And How To Cultivate It. Diakses pada https://www.medicalnewstoday.com/articles/321309 (27 Maret 2022, 20:15).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods) Bandung: Alfabeta.

Syaifullah, Ananda. (2019). 66,3% Masyarakat Indonesia Memiliki Smarphone #8. Diakses pada https://indonesiabaik.id/infografis/663-masyarakat-indonesia-memiliki-smartphone-8 (28 Maret 2022, 21:20).




DOI: https://doi.org/10.30998/cpt.v1i1.1239

Article Metrics

Abstract Views : 336 | PDF Views : 265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Santi Asia Wijayanto, Dicky Hidayat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Creative Commons License
CIPTA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License 

View CIPTA Stats