Perancangan Film Animasi Berjudul Sistem Pertahanan Hidup pada Hewan



Ade Reza Agustian(1), Iis Purnengsih(2*), Martha Tisna Ginanjar Putri(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Di era teknologi, pengetahuan tentang pola-pola perilaku hewan masih banyak dipelajari dalam bentuk buku-buku pelajaran sekolah. Namun masih sedikit media yang menampilkan pengetahuan tentang sistem pertahanan hewan dalam media berbasis audio visual. Saat ini audio visual memiliki peranan yang lebih luas dalam bermain tampilan visual yang dinamis dibandingkan media cetak yang statis dan sangat dekat dengan sentuhan seni. Tujuan penelitian untuk merancang film animasi berjudul “sistem pertahanan hidup pada hewan”. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode kualitatif dengan melakukan observasi yaitu pengumpulan data literatur berupa buku-buku, jurnal dan dokumen lainnya. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini sebuah perancangan film animasi 1280 X 720 dpi yang berdurasi 6 menit. Dengan adanya animasi tiga dimensi ini diharapkan dapat menarik perhatian pembacanya terutama bagi mereka yang mencari informasi tentang pola sistem pertahanan hidup pada hewan.

Keywords


Film Animasi; Sistem Pertahanan Tubuh; Hewan

Full Text:

PDF

References


Dahi, D. (2022). National Geographic indonesia. Retrieved from National Geograpchic.grid.id: https://nationalgeographic.grid.id

Dahi, D. (2022). Adaptasi Flora dan Fauna. Retrieved from Bobo.id: https://bobo.grid.id/.

Duncan, T (2008). Principles of Advertising & IMC. New Yok, Mc Graw Hill.

KUSTIAN, N. G. (2021). Penggunaan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 30–37. https://doi.org/10.51878/academia.v1i1.384

Luzar, L. C., & Monica. (2011). Efek Warna Dalam Dunia Desain Dan Periklanan. Humaniora, 2(9), 1084–1096.

Nurhasanah, Y. I., & Senyelda, D. (2016). Implementasi Model CMIFED Pada Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Anak Usia TK Dan Playgroup. Jurnal Informatika, Vol. 2(2), 12.

Priscilia Yunita Wijaya. (1999). Tipografi Dalam Desain Komunikasi Visual. Nirmana, 1(1), 47–54.

Waeo Victor, Lumenta Arie S.M., Sugiarso Brave A. (2016), Implementasi Gerakan Manusia Pada Animasi 3D Dengan Menggunakan Menggunakan Metode Pose to pose. E-journal Teknik Informatika, Volume 9, No 1 (2016), ISSN: 2301-8364




DOI: https://doi.org/10.30998/cpt.v1i1.1162

Article Metrics

Abstract Views : 371 | PDF Views : 335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ade Reza Agustian, Iis Purnengsih, Martha Tisna Ginanjar Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Creative Commons License
Cipta is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License 

View Cipta Stats