Mendesain Buku Cerita Bergambar tentang Permainan Daring yang Positif



Rayhandari Adnin Azzahra(1*), Winny Gunarti Widya Wardani(2), Ndaru Ranuhandoko(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Permainan daring saat ini telah menjadi keseharian anak-anak. Ada beragam jenis permainan daring, ada yang berdampak positif, ada pula yang memberi pengaruh buruk bagi anak-anak. Untuk mensosialisasikan hal tersebut, diperlukan media informasi yang dapat dipahami oleh anak-anak. Tujuan penelitan ini adalah merancang buku cerita bergambar tentang permainan daring yang positif untuk anak dengan judul “Ayo Memilih Game Online yang Positif”. Target khalayak dari perancangan buku ini adalah anak-anak berusia 6-12 tahun yang gemar bermain game online dan orang tua yang memiliki anak di usia tersebut. Buku cerita bergambar ini didesain dengan menggunakan gaya ilustrasi kartun, berukuran 23 cm x 23 cm, berorientasi portrait, dan berjumlah 44 halaman. Buku cerita bergambar ini juga menggunakan warna-warna kontras untuk meningkatkan perhatian anak.  Buku cerita bergambar ini diharapkan dapat mengedukasi anak-anak dan para orang tua agar dapat memilih permainan daring yang positif, dan terhindar dari pengaruh negatif yang dapat ditimbulkan. Selain itu, hasil dari penelitian ini diharapkan dapat mengubah persepsi buruk orang tua terhadap permainan daring.

Keywords


Buku Cerita Bergambar; Permainan Daring; Positif

Full Text:

PDF

References


Ambrose, G., & Harris, P. (2018). Layout for graphic designer. 3rd ed. London: Bloomsbury Visual Arts.

Anggraini, L., & Nathalia, K. (2014). Desain komunikasi visual: Dasar-dasar panduan untuk pemula. Bandung: Nuansa Cendikia.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2020). Laporan survei internet APJII 2019-2020 (Q2). Diakses dari https://apjii.or.id/survei2019x/ download/yBFPnj046EstevChVAgGlX3MqZ1ar2

Henry, S. (2010). Cerdas dengan game. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Khabib, E. M. (2020). Online game for your better English. Yogyakarta: Noktah.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2021). Survei pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan sistem penilaian jarak jauh berbasis pengaduan KPAI. Diakses dari https://bankdata.kpai.go.id/Infografis/Survei-Pelaksanaan-Pembelajaran-Jarak-Jauh-Pjj-Dan-Sistem-Penilaian-Jarak-Jauh-Berbasis-Pengaduan-Kpai

Kurnia, S. S. (2010). Menulis imliah: Metode penelitian kualitatif (Edisi ke-2). Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Kusrianto, A. (2010). Pengantar Tipografi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Maharsi, I. (2016). Ilustrasi. Yogyakarta: Badan Penerbit ISI Yogyakarta.

Nasrullah, R. (2019). Teori dan riset khalayak media. Jakarta: Kencana.

Nurdiani, Y. S. (2016). Pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa. (Skripsi). Universitas Pasundan, Bandung.

Rini, A. (2011). Menanggulangi kecanduan game online pada anak. Jakarta: Pustaka Mina.

Saptodewo, F. (2016). Perancangan karakter Wayang Tetuka untuk lanjutan cerita saat ke luar dari Kawah Candradimuka. Jurnal Desain, 4(1), hlm. 29–37.

Soedarso, N. (2014). Perancangan Buku Ilustrasi Perjalanan Mahapatih Gajah Mada. HUMANIORA, 5(2), hlm. 561–570.

Sugiyanto, E. P., & Mulyono. (2021). Pengaruh terapi bermain game online terhadap tingkat stres anak usia sekolah dimasa pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 4(3), hlm. 633–638.

Suminar, D. R. (2019). Psikologi bermain: Bermain & permainan bagi perkembangan anak. Surabaya: Airlangga University Press.

Toha-Sarumpaet, R. K. (2010). Pedoman penelitian sasta anak (Edisi Revisi). Yayasan Jakarta: Pustaka Obor Indonesia.

Tridhonanto, A., & Beranda Agency. (2011). Optimalkan potensi anak dengan game. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Trimansyah, B. (2020). Panduan penulisan buku cerita anak. Jakarta: Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.30998/cpt.v1i1.1161

Article Metrics

Abstract Views : 297 | PDF Views : 215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rayhandari Adnin Azzahra, Winny Gunarti Widya Wardani, Ndaru Ranuhandoko

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Creative Commons License
CIPTA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License 

View CIPTA Stats