PKM PENENTUAN HARGA JUAL PRODUK USAHA MIKRO BASIS RUMAH TANGGA PADA KELOMPOK PKK CINERE DAN GANDUL DEPOK



Lindiawatie Lindiawatie(1*), Dhona Shahreza(2), Anita Ria(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Pertimbangan pelaku usaha dalam keputusan penentuan harga jual pada kenyataannya seringkali belum tepat karena banyak pelaku usaha, khususnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang menentukan harga jual produk mereka tidak berdasarkan perhitungan dan prinsip akuntansi yang benar, melainkan menggunakan perkiraan  pemilik. Maka dari itu tidak mengherankan apabila banyak UMKM yang kemudian gulung tikar, karena penghasilan dari penjualan produk atau jasa mereka tidak dapat menutup seluruh biaya produksi dan menghasilkan laba yang diharapkan. Pada umumnya ibu-ibu PKK yang memiliki kegiatan usaha rumah tangga belum memiliki pemahaman yang utuh dan benar tentang penentuan harga jual produk Oleh sebab itu abdimas ini  terlaksana yang bertujuan supaya mitra ibu-ibu PKK memahami pengetahuan dasar-dasar metode penetapan harga jual produk, menyadari akan pentingnya pengelolaan dan pengelompokkan biaya yang terorganisir secara rapi dan sistematis,  mengetahui dan memahami cara menyusun penetapan harga jual poduk yang benar sesuai kaidah-kaidah akuntansi biaya dan  menyadari akan pentingnya memiliki pengetahuan akuntansi biaya untuk dipraktekkan pada usahanya. Hasil dari pengabdian masyarakat adalah  mitra ibu-ibu PKK mengetahui dan memahami metode penetapan harga jual yang digunakan dengan menggunakan metode Cost Plus Pricing. Metode tersebut merupakan metode yang sering digunakan dan lebih mudah dipahami oleh pemula dan mencakup semua biaya-biaya yang telah dikeluarkan


Keywords


Harga jual, Usaha Mikro, Metode Cost Pricing

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2017). Statistik Daerah Kota Depok 2017. Depok: Badan Pusat Statistik .

Carter, W. K., & Usry, F. M. (2006). Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat.

Hetika, & Sari, Y. P. (2019). Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi untuk Menentukan Harga Jual pada UMKM di Kota Tegal. Jurnal MONEX, Vol. 8(No. 1 Januari 2019), hal.1-12. Retrieved 03 20, 2022, from https://www.researchgate.net/publication/332757901_ANALISIS_PENENTUAN_HARGA_POKOK_PRODUKSI_UNTUK_MENENTUKAN_HARGA_JUAL_PADA_UMKM_DI_KOTA_TEGAL/link/5cc854ba92851c8d220ebd0b/download

Hidayati, N. (2016). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro kecil dan Menengah (UMKM) terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah Kabupaten Bogor Periode 2012-2015. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah. Retrieved 03 20, 2022, from http://repository.uinjambi.ac.id/642/1/SES%20141514_SARI%20RATNI_EKONOMI%20SYARIAH%20-%20sari%20ratni.pdf

Kecamatan Cinere. (2019, April 28). sejarah. Retrieved from www.cinere.depok.go.id.

Kottler, P., & Keller, L. K. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Moray , J. C., Saerang, D. P., & Runtu, T. (2014). Penetapan Harga Jual dengan Cost Plus Pricing Menggunakan Pendekatan Full Costing pada UD Gladys Bakery. Jurnal EMBA, 1272-1283.

Mulyati, H., Agustina, Y., & Husnayetti. (2021). Pelatihan Penentuan Harga Jual Normal (Normal Pricing) bagi UMKM Penggiat Usaha Kuliner Binaan Pusat INKUBASI Bisnis Syariah Majelis Ulama Indonesia (PINBAS MUI) di masa Pandemi Covid-19. Prosiding Sembadha, Vol. 2, 356-364. Retrieved 03 20, 2022, from https://jurnal.pknstan.ac.id/index.php/sembadha

Noor, F. H. (2007). Ekonomi Manajerial. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

OJK. (2020). Pengusaha UMKM juga Perlu Pengelolaan Keuangan Loh. Retrieved 03 20, 2022, from sikapiuangmu.ojk.go.id: https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/20620

Patra, I. K., & Salim, A. (2014). Analisis Penetapan Harga Jual Dalam Meningkatkan Laba pada Rumah Makan Ulu Bete Laut di Masamba Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 17-27.

Pratiwi, M. A., Aisya, N., & Saputra, F. E. (2020). Kondisi dan Strategi UMKM disaat Pandemi Covid-19 di Kota Tanjungpinang. Seminar Nasional Seri ke-4 Program Studi Magister Manajemen. Vol. 1 No. 1, pp. 305-317. Pontianak: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura. Retrieved 03 20, 2022, from https://pascasarjanafe.untan.ac.id/wp-content/uploads/2021/01/PROSIDING_compressed.pdf

Purwanti, A., & Prawironegoro, D. (2013). Akuntansi Manajemen. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media.

Putri, M. F. (2017). Evaluasi Penentuan Harga Jual Produk (Studi Kasus pada Kerajinan Agus Ceramics). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Sumarwan, U., dkk. (2009). Pemasaran Strategik. Jakarta: Inti Prima Promosindo.

Swastha, B., & Sukotjo, I. (2007). Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta: Liberty.

Wijaya, D. (2018). Akuntansi UMKM. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.




DOI: https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v1i2.969

Article Metrics

Abstract Views : 261 | PDF Views : 398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Indraprasta PGRI

Jakarta - Indonesia

 

Flag Counter