TIPS DAN TRIK CARA MUDAH BELAJAR MATEMATIKA
Ufiya Putri Adhiyati(1*), Irna Kumala(2), Rosalina Dewi Heryani(3),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Matematika adalah pelajaran yang sangat penting dan banyak manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Namun sering ditakuti siswa pada umumnya. Hal ini disebabkan karena siswa berasumsi matematika memiliki materi yang susah untuk dipahami karena selalu berhubungan dengan hitungan, angka, dan rumus. Asumsi ini telah melekat pada siswa yang tanpa disadari telah tertanam dari bangku SD lalu ke SMP dan SMA. Karena hal tersebut mengakibatkan siswa tidak memiliki niat dari dirinya untuk sungguh belajar matematika, jika bukan karena tuntutan dari sekolah yang mengharuskan untuk mengikuti pelajaran matematika. Demikian menjadikan siswa sering mengeluh dan susah setiap belajar matematika dan mempengaruhi nilai matematika menjadi rendah dan tidak memuaskan. Sebenarnya pelajaran matematika itu tidak sesulit dan mengerikan dari yang dibayangkan, Asalkan siswa dapat mengubah pola pikir dahulu bahwa matematika itu bukanlah pelajaran yang susah tapi matematika itu ternyata pelajaran yang mudah dan menyenangkan. Cara yang tepat untuk belajar matematika menjadi mudah adalah pertama kali siswa harus mengenal dan mempelajari dahulu konsep dasar dari materi matematika, bukan langsung menghapal rumusnya. Setelah siswa memahami alur konsep materi, maka dengan mudah siswa mengerjakan soal tanpa harus menghapal rumusnya. Selanjutnya siswa harus sering melatih mengerjakan soal matematika setiap hari, agar siswa menjadi terbiasa dalam menghadapi soal matematika yang begitu beragam tingkat kesukarannya dari mulai yang paling mudah hingga yang sukar. Dengan begitu siswa menjadi lebih terasah dan mahir menguasai soal matematika. Siswa harus rajin bertanya dengan yang lebih ahli, dengan guru atau teman sebaya jika terdapat kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika. Sehingga siswa cepat mengatasi masalah dalam mengerjakan soal matematika
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z.(2020). Belajar Matematika Asyik dan Menyenangkan. Jember. Doi: 10.31219/osf.io/2hkvm
Intisari. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Pelajaran Matematika. Karawang: Jurnal Pendidikan Pascasarjana Magister PAI.
Maswar, M. (2019). Strategi Pembelajaran Matematika Menyenangkan Siswa (Mms) Berbasis Metode Permainan Mathemagic, Teka-Teki Dan Cerita Matematis. Situbondo : Alifmatika Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. DOI:10.35316/alifmatika.2019.v1i1.28-43
Siregar, N.R. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika : Studi Pendahuluan Pada Siswa Yang Menyenangi Game. Semarang: Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia
Siregar, N.R. (2017). Perspektif Guru Sekolah Dasar Pada Performansi Matematika Siswa. Laporan penelitian (tidak diterbitkan). Kendari: Universitas Halu Oleo.
DOI: https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v1i1.956
Article Metrics
Abstract Views : 899
|
PDF Views : 777
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Universitas Indraprasta PGRI
Jakarta - Indonesia





