PENGENALAN KEWIRAUSAHAAN DIGITAL DI PONDOK PESANTREN DAARUSSALAAM KOTA DEPOK
Najihatul Fitri(1*), Albertus Maria Setyastanto(2), Ari Wahyu Leksono(3), Maria Assumpta Wikantari(4),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Pondok Pesantren memainkan peran yang semakin penting dalam membentuk generasi muda yang tidak hanya religius tetapi juga mandiri secara ekonomi. Dalam konteks ini, kewirausahaan di kalangan santri, terutama melalui platform digital seperti marketplace, menjadi tren yang semakin berkembang. Program pelatihan kewirausahaan yang dilaksanakan oleh Pondok Pesantren Daarussalaam Kota Depok bertujuan untuk mengembangkan keterampilan wirausaha santri dengan menggunakan marketplace sebagai alat praktik. Menggunakan metode Participatory Rural Appraisal (PRA), kegiatan ini melibatkan 30 orang santri untuk mengidentifikasi potensi dan mengembangkan minat wirausaha mereka. Pelatihan yang dilakukan mencakup teori kewirausahaan, demonstrasi berjualan di platform Shopee dan Tokopedia, serta evaluasi mengenai perkembangan minat dan keterampilan berwirausaha. Hasilnya, kegiatan ini berhasil meningkatkan pemahaman dan motivasi santri untuk terjun ke dunia bisnis. Melalui pengalaman langsung dalam berjualan secara online, santri tidak hanya mengembangkan keterampilan teknis, tetapi juga memupuk nilai-nilai integritas dan etika bisnis yang sesuai dengan ajaran Islam. Program ini menunjukkan bahwa dengan dukungan teknologi, pesantren dapat mencetak generasi wirausaha yang tidak hanya mampu berkompetisi di pasar global, tetapi juga memberikan kontribusi positif bagi pembangunan ekonomi Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, R. (2018). School Culture Shaping through School-Based Management: School Culture as the Basis of Character Building. Proceedings of the 1st International Conference on Intellectuals’ Global Responsibility (ICIGR 2017), 1(2), 10–15. https://doi.org/10.2991/icigr-17.2018.63 Agustina, L., Arffianto, A., Khalishah, S. H., Indarwati, L., Putri, D. R., El-Majid, S. E., Rahayu, K. S., Nurleli, D. Y., Agung, W., & Sholihah, I. (2019). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Literasi Siswa di SD Muhammadiyah Nurul Ilmi, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 97–105. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10771 Alifah, S., Pamungkas, A. D., Leksono, A. W., & Fahrudin, A. (2023). Upaya Peningkatan Literasi Keuangan pada UMKM BOMBASTIS di Bojongsari Kota Depok. Jurnal PKM Batasa, 2(2), 55–60. Fitri, N., & Pamungkas, A. D. (2023). The Use Of Code Switching And Code Mixing By Indofood And Unilever Food Advertisements On Television. INFERENCE: Journal of English Language Teaching, 5(3), 251–260. https://doi.org/10.30998/inference.v5i3.12792 Hamid, A., & Kahfi, Z. (2022). KEMANDIRIAN EKONOMI KAUM SARUNGAN: PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ENTREPRENEUR DI PONDOK PESANTREN. Al’Adalah, 19(1), 37–52. https://aladalah.uinkhas.ac.id/index.php/aladalah/article/view/110. Masrur, M., & Arwani, A. (2022). Pengembangan Kemandirian Ekonomi Pondok Pesantren. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 2755–2764. Muttaqien, A. Z. M. Z., & Ripai, A. (2023). Implementasi Pemasaran Digital di Pondok Pesantren Al-Multazam dalam Upaya Meningkatkan Minat Calon Peserta Didik. Journal of Islamic Education Management, 7(2), 106–117. https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jiem/article/view/13678 Pamungkas, A. D., Fahrudin, A., Kusuma, A. M., & Sutina. (2022). Pengaruh Kepercayaan diri, Peran orang tua, Keterampilan terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(8), 238–243. http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/1710 Pamungkas, A. D., Suendarti, M., Alfarisi, S., Habibah, N., & Fatihah, A. (2024). KEMANDIRIAN DAN PENGUATAN EKONOMI MELALUI PEMBUATAN TEMPE HYGIENIS PADA PONPES DAARUSSALAAM DEPOK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 8604–8609. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/34497/22882 Pamungkas, A. D., & Suprapto, H. A. (2020). Dasar-Dasar Manajemen dan Riset Pemasaran. CV Berkah Saintek. Pamungkas, A. D., Wikantari, M. A., Setyastanto, A. M., Leksono, A. W., & Fahrudin, A. (2023). Monograf Studi Kelayakan Bisnis Lele Sangkuriang. CV Bintang Semesta Media. https://bintangpustaka.com/toko-buku/ekonomi/monograf-studi-kelayakan-bisnis-lele-sangkuriang Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontenporer. Alfabeta. Syarifuddin, A. (2017). Konsep Kewirausahaan Pondok Pesantren Moderen Babul Maghfirah Aceh Besar [UIN Ar-Raniry Banda Aceh]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2348/
DOI: https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v4i1.3477
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Universitas Indraprasta PGRI
Jakarta - Indonesia