Strategi Pemasaran Minuman Jelly Sebagai Peningkatan Daya Saing Pada UMKM FRZ Thai Tea Jatikarya Bekasi
Hapsari Widayani(1*), Anggi Oktaviani(2), Riri Cornellia(3),
(1) UNINDRA
(2) UNINDRA
(3) UNINDRA
(*) Corresponding Author
Abstract
Pada era sekarang, banyaknya pesaing dikarenakan pertumbuhan perekonomian pasca pandemic Covid-19 yang masih belum stabil dan masa pemilihan umum (pemilu) membuat para pelaku usaha harus melakukan yang terbaik agar usahanya tetap dapat berjalan. Akibat pasca pandemic dan masa pemilu ini, proses produksi yang terus meningkat tetapi daya beli masyarakat masih belum stabil (cenderung menurun) membuat produsen minuman harus memutar otaknya agar tetap memiliki konsumen yang setia. Mempunyai konsumen yang setiap tentulah tidak mudah karena kondisi perekonomian pada awal tahun 2024 menjadi menurun untuk produksi thai tea yang peminatnya dan saingan brand juga sudah terlampau banyak. Hal itu berdampak pada penjualan yang menurun. Agar produktivitas sebuah industri tetap dapat berjalan dengan baik maka diperlukan sebuah pengenal produk kepada masyarakat yang disebut dengan strategi pemasaran. Dengan adanya sebuah pemasaran yang baik maka produk yang dihasilkan akan semakin terkenal dan mendapatkan perhatian masyarakat. Hal ini akan membuat pendapatan bersih seorang pengusaha akan menjadi naik. Naiknya pendapatan ini membuat pelayanan terhadap konsumen akan menjadi lebih layak dan tepat. Agar pelayanan ini tetap terjaga dibutuhkan sebuah strategi sebuah startegi pemasaran yang tepat dan dapat menjangkau masyarakat. Salah satu alat analisis pemasaran ini adalah analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats) dan bauran pemasaran. Salah satu perusahaan yang ingin pemasaran produknya tepat dan terjangkau oleh masyarakat adalah UMKM FRZ Thai Tea. Dengan adanya sebuah permasalahan dimana FRZ Thai Tea membutuhkan sebuah strategi untuk memasarkan produknya sehingga tim pengabdian masyarakat akan melakukan sebuah pelatihan kepada tim penjualan, marketing, dan pemilik FRZ Thai Tea.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Effendy, A. A. (2019). Analisis Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Azka Toys Pamulang Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Feasible, 1(1): 60-62. http://dx.doi.org/10.32493/fb.v1i1.2019.66-82.2268
Kotler, P. and K. L. K. (2011). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Erlangga.
Kurniati, R. (2023). Analisis Model Strategi Pemasaran Sebagai Peningkatan Daya Saing pada Warung Seni Lakone di Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.
Kusbandono, D. (2019). Analisis Swot Sebagai Upaya Pengembangan Dan Penguatan Strategi Bisnis (Study Kasus Pada UD. Gudang Budi, Kec. Lamongan). Jurnal Manajemen. 4(2), 921. https://doi.org/10.30736/jpim.v4i2.250
Setyorini, Hany et all. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Restoran WS Soekarna Hatta Malang). Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri. 5(1):46-53.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.
DOI: https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v3i4.3278
Article Metrics
Abstract Views : 34 | PDF Views : 24Refbacks
- There are currently no refbacks.
Universitas Indraprasta PGRI
Jakarta - Indonesia