PENDAMPINGAN PENERAPAN DISIPLIN POSITIF PADA SEKOLAH DASAR DI JAKARTA PUSAT
Ani Interdiana Candra Sari(1), Vella Anggresta(2), Deden Ibu Ail(3*),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Latar belakang penerapan disiplin positif di sekolah berasal dari kebutuhan untuk pendekatan yang lebih efektif dalam membentuk karakter siswa. Disiplin tradisional, yang sering melibatkan hukuman fisik atau verbal, terbukti kurang efektif dalam jangka panjang dan dapat berdampak negatif pada perkembangan mental dan emosional siswa. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar peserta memahami pentingnya menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman berdasarkan disiplin positif di sekolah penggerak. Metode pelaksanaan menggunakan alur merdeka yang mencakup tahapan mulai dari introspeksi diri, eksplorasi konsep, ruang kolaborasi, demonstrasi kontekstual, elaborasi pemahaman, koneksi antar materi, hingga rencana aksi nyata. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pelaksanaan mengikuti alur Merdeka dengan baik. Peserta mengikuti kegiatan dengan antusias sesuai dengan tahapan yang ditetapkan dan berkomitmen untuk berbagi pengetahuan dengan guru-guru di sekolah mereka guna menyusun implementasi disiplin positif di sekolah masing-masing.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Febriandari. (2017). Penerapan Metode Disiplin Positif Sebagai Bentuk Pembinaan Pendidikan Karakter Disiplin Anak SD. Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran 2017.
Lickona, T. (1991). Educating For Character. New York: Bantam Books.
Nurishlah, L., Subiyono, S., & Hasanah, I. (2022). Implementasi Disiplin Positif di SD/MI. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8 (12) , 643–655.
Rahayu, Restu, et al. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(2), 6313-6319.
Sulvinajayanti, S., Saleh, A. A., & Hamang, M. N. (2021). Pengasuhan Disiplin Positif Islami Sebagai Upaya Penurunan Kekerasan Terhadap Anak di Kabupaten Sidrap. Jurnal Penelitian, 15(1), 77-110.
DOI: https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v3i3.3260
Article Metrics
Abstract Views : 60 | PDF Views : 49Refbacks
- There are currently no refbacks.
Universitas Indraprasta PGRI
Jakarta - Indonesia