PENINGKATAN LITERASI KEUANGAN DIGITAL UNTUK MENCEGAH JEBAKAN PINJAMAN ONLINE ILEGAL



Siska Maya(1), Vella Anggresta(2*), Juni Mashita(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Kurangnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat menjadi pemicu utama maraknya permasalahan pinjaman online ilegal. Kampanye pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk meningkatkan  pemahaman  tentang  literasi  keuangan digital yang  sudah  ada dimasyarakat.  Peningkatan  literasi  keuangan  digital masyarakat  dapat  mencegah terjadinya resiko yang akan terjadi termasuk dalam hal pinjaman online dan juga dapat mengontrol perilaku konsumtif masyarakat. Metode pelaksanaan dalam  kampanye  literasi  keuangan digital  ini  dilakukan  dengan  pendekatan  interaktif melalui contoh-contoh yang ada dimasyarakat.  Berdasarkan survei yang dilakukan, Ibu-ibu yang membuat anggaran keuangan keluarga sebanyak 73%. Ibu-ibu PKK ini juga sadar akan menabung terlihat dari jawaban survei yang sebanyak 95% yang memiliki tabungan. Dari tabungan yang dimiliki ibu-ibu PKK, Bank adalah tempat menyimpan tabungan sebanyak 82%. Pengabdian masyarakat ini menemukan bahwa ibu-ibu PKK tidak ada yang memiliki pinjaman online tetapi masih cenderung konsumtif. Disisi lain  adanya koperasi membantu masalah keuangan di lokasi kelurahan Munjul Cipayung Jakarta Timur.


Keywords


Pinjaman Online, Literasi Keuangan Digital, Perilaku Konsumtif

Full Text:

PDF

References


Amelia, P. N., Fidiansa, P. A., & Risa, C. S. (2023, November). Fenomena penggunaan paylater di kalangan mahasiswa. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS) (Vol. 2, pp. 176-187).

Azizah, R., Anggraeni, R., & Mustika, Y. S. B. (2024). Peran Perlindungan Konsumen dalam Era Digitalisasi Perbankan Bagi Konsumen . Optimal : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen , 4(2).

Bonang, D. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Perencanaan Keuangan Keluarga di Kota Mataram. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(2), 155–165. https://doi.org/10.32505/v4i2.1256

Cahyasari., E. (2019). Perilaku Konsumtif, Literasi Keuangan Dan Gaya Hidup Ibu Rumah Tangga. Jurnal UKSW, 1(2), 6.

Hidayat, R., Afrioza, S., Adnandi, M. A., Supriyanto, B. E., & Sunata, H. (2024). Dampak Pinjaman Online Pada Mahasiswa Uym. Journal of Economic and Digital Business), 1(1), 1–6.

Hunaifi, N., Mauliana, P., Firmansyah, R., Komalasari, Y., Sulastriningsih, R. D., & Dewi, S. W. K. (2024). Dampak Media Sosial Terhadap Interaksi Remaja Di Era Digital. Tabsyir : Jurnal Dakwah Dan Sosial Humaniora, 5(3), 161–174.

Lutfiah, L., Basri, M., & Kuswanti, H. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Ppapk Fkip Universitas Tanjungpura Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(3), 1–10. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i3.53456

Melinda, Lesawengen, L., & Waani, F. J. (2021). Perilaku Konsumtif Dan Kehidupan Sosial Ekonomi Mahasiswa Rantau (Studi Kasus Mahasiswa Toraja Di Universitas Sam Ratulangi Manado. Journal Ilmiah Society, 1(1), 1–10.

Mursalina, A., Hasanah, & Efriani. (2024). Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pengguna Shopee Paylater. Balale’ Jurnal Antropologi, 5(1), 31.

Sari, R. K. (2016). Kecenderungan Perilaku Compulsive Buying Pada Masa Remaja Akhir di Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i1.3923

Syafuddin, K., Jamalullail, & Rafi’i. (2023). Peningkatan Literasi Keamanan Digital Dan Perlindungan Data Pribadi Bagi Siswa Di Smpn 154 Jakarta. Eastasouth Journal of Impactive Community Services, 1(03), 122–133. https://doi.org/10.58812/ejimcs.v1i03.119

Syahfira, I., Siregar, Y. D., & Purwaningtyas, F. (2022). Hubungan Literasi Digital Dengan Penggunaan Media Sosial Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam “UISU” Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi.

Tiawan, T. A., Hasanah, M. A., & Amelia, R. (2023). Analisis Perilaku Konsumtif Masyarakat Terhadap Pinjaman Online Dalam Perspektif Islam. JUEB: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 52-57.




DOI: https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v3i4.3210

Article Metrics

Abstract Views : 59 | PDF Views : 37

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Indraprasta PGRI

Jakarta - Indonesia

 

Flag Counter