PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI TOKOH SEJARAH ISLAM DI YAYASAN TANWIRUL AULADUL BALAD



Adeng Hudaya(1*), Mansur Mansur(2), Nana Suyana(3), Bahrudin Bahrudin(4),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Pelajar Pancasila murupakan wujud dari pelajar Indonesia yang sadar akan belajar sepanjang hayat, yang menyadari bahwa belajar sebagai kewajiban baik menurut islam maupun menurut undang-undang 1945 mengamanatkan kepada kepada pemimpin bangsa untuk mencerdaskan rakyat.  Perwujudan dari pelajar Pancasila mewajibkan pelajar memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Pelajar Pancasila ini perlu diarahkan untuk semua jenjang Pendidikan baik formal maun non formal.  Tujuan pelaksanaan Abdimas ini adalah memberikan pencerahan dan penguatan nilai-nilai Pancasila kepada santri-santri dilingkungan Yayasan Tanwirul Auladul Balad. Metode dalam kegiatan Abdimas terbagi menjadi tiga tahap, 1) Pra-perencanaan: mengidentifikasi permasalahan yang ada di lingkungan mitra, memilih akar permasalahan lalu memberikan solusi 2) Perencanaan: membuat desain kegiatan berdasarkan hasil dari identifikasi permasalahan yang ada 3) Pelatihan: pemaparan materi yang disesuaikan dengan permasalahan yang akan diselesaikan,  dalam kegiatan ini dipilih materi tentang tokoh sejarah islam yang syarat akan nilai-nilai pancasila yaitu Muhammad Al-Fatih.

 

 


Keywords


Pelajar Pancasila, Tokoh Sejarah Islam, Muhammad Al-Fatih.

Full Text:

PDF

References


Maksudin. 2013. Pendidikan Karakter Non-Dikotomik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Muttaqin, D., dan Wahyu Widiharso. 2022. Menguatkan Karakter Profil Pelajar Pancasila: Analisis Determinan Dan Outcome Pada Hasil Asesmen Nasional 2021. Jakarta: Pusat Asesmen Pendidikan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Griffin, P., & Care, E. (2014). Assessment and teaching of 21st century skills: Methods and approach. Springer. Nursalam, & Suardi. 2022. Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila Berbasis Integratif Moral Di Sekolah Dasar. Banten: CV. AA Rizky. Tim Ganesha Operation. 2019. Pasti Bisa Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Untuk SMP/MTS Kelas VIII. Bandung: Penerbit Duta Wibowo, A. 2012. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun KarakterBangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v3i3.3145

Article Metrics

Abstract Views : 55 | PDF Views : 40

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Indraprasta PGRI

Jakarta - Indonesia

 

Flag Counter