PKM PENYUSUNAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA DI SDN KENARI 01, KEC. SENEN, JAKARTA PUSAT
Deden Ibnu Aqil(1*), Mohammad Ramadona(2), Fajar Kurniadi(3), Dhani Harda Setiaji(4),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Perubahan kurikulum merupakan siklus yang harus dilaksanakan dalam system pendidikan nasional. Perubahan kurikulum memerlukan pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk beradaptasi sesuai pedoman yang berlaku. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kurikulum merdeka. Salah satu hal yang perlu diketahui dalam melaksanakan kurikulum Merdeka ini adalah Menyusun modul ajar. Dengan alasan tersebut tim pengabdian kepada masyarakat Universitas Indraprasta PGRI akan memberikan sosialiasi terkait pengetahuan, dan keterampilan Menyusun modul ajar kepada 50 orang guru di SDN 01 Kenari Jakarta Pusat. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah diawali dengan pemberian pengetahuan tentang Sejarah dan perkembangan kuirkulum, literasi dan numerasi, pengembangan modul ajar yang dilanjutkan dengan praktek menyusun modul ajar, dan mempresentasikannya di depan audien. Adapun bentuk luaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah modul ajar kurikulum Merdeka sesuai dengan pedoman dan artikel publikasi pada jurnal nasional terindek sinta kemendikbud ristek.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399–407. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749
Faridahtul Jannah, Thooriq Irtifa’ Fathuddin, & Putri Fatimattus Az Zahra. (2022). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar 2022. Al Yazidiy : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 4(2), 55–65. https://doi.org/10.55606/ay.v4i2.36
Https://blog.kejarcita.id/modul-ajar-kurikulum-merdeka/
Rahayu, Restu, et al. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(2).6313-6319, doi:10.31004/basicedu.v6i4.3237.
Wantiana, I., & Mellisa, M. (2023). Kendala Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 7(3), 1461–1465. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5149
Yogi Anggraena, dkk. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v3i2.2869
Article Metrics
Abstract Views : 77 | PDF Views : 58Refbacks
- There are currently no refbacks.
Universitas Indraprasta PGRI
Jakarta - Indonesia