PEMBEKALAN BAURAN PEMASARAN KEPADA PEDAGANG PASAR DESA TULUNGAGUNG KECAMATAN KERTASEMAYA KABUPATEN INDRAMAYU
Agus Jamaludin(1*), Toto Widiarto(2), Sutina Sutina(3),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Pedagang menjual dagangannya dengan berbagai strategi pemasaran agar dagangannya laku dan mendapatkan keuntungan untuk membiayai operasional usahanya dan kelebihannya untuk membiayai kehidupannya dan menabung untuk keperluan dimasa mendatang. Strategi yang dilakukan dengan menggunakan Bauran Pemasaran yang mensinergikan jenis Bauran Pemasaran yaitu Produk yang berkualitas, Harga yang bersaing, Tempat yang yang strategis dan Mempromosikan usahanya agar konsumen tertarik membeli Produknya.Tujuan pembekalan ini untuk memberikan pembekalan kepada pedagang pasar desa Tulungagung agar mempehatikan dan menerapkan strategi Bauran Pemasaran pada usahanya. Metode yang digunakan adalah observasi dengan mengunjungi pedagang di pasar Tulungagung dan memberikan pengetahuan berupa materi Bauran Pemasaran, dengan Populasi semua pedagang Pasar dan sampelnya secara random sampling dipilih 2 orang pedagang Kelontong, 2 orang pedagang Pakaian, 2 orang pedagang pecah belah, 2 orang pedagang sayuran, 2 orang pedagang ikan, 2 orang pedagang ayam, 2 orang pedagang makanan dan minuman, semuanya 14 orang, dengan pendekatan perorangan sehingga terjadi Tanya jawab. Hasilnya mereka pedagang mengerti dan bisa menerapkan bauran pemasaran pada usahanya.
Keywords
Bauran Pemasaran, Pedagang, Pasar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v3i2.2684
Article Metrics
Abstract Views : 66 | PDF Views : 40Refbacks
- There are currently no refbacks.
Universitas Indraprasta PGRI
Jakarta - Indonesia