PELATIHAN AKUNTANSI DALAM PERHITUNGAN HPP DAN LABA PENJUALAN ANEKA OLAHAN KERIPIK KENTANG DI PKK KELURAHAN CIRACAS JAKARTA TIMUR



Zeinora Zeinora(1), Fadjriah Hapsari(2), Endah Widati(3*), Inda Safitri(4),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


PKK sebagai organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia khususnya didalam masyarakat dalam satu rukun warga. Dengan timbulnya rasa kesadaran untuk meningkatkan keuangan keluargayang dimotori ibu ibu PKK Pokja 2. Menentukan Harga pokok produksi bagi ibu rumah tangga bukanlah hal yang mudah.. Perhitungan dan penentuan harga pokok produksi sangat penting guna mengetahui penghitungan penentuan hpp dan prediksi laba penjualan. Ibu ibu Pokja 2 TP PKK selama ini belum melakukan perhitungan harga pokok produksi secara akurat karena kurangnya pengetahuan tentang ilmu akuntansi. Dilakukannya pelatihan mengenai perhitungan harga pokok produksi dan Laporan Laba Rugi sesuai ilmu akuntansi diharapkan dapat menghasilkan informasi yang akurat dan dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam menentukan harga jual produk dengan lebih akurat. Dalam menghitung harga pokok produk perlu diketahui unsur-unsur biaya yang digunakan termasuk sifat dari biaya tersebut baik yang bersifat tetap maupun yang bersifat variable. Program pelatihan yang diberikan akan membantu ibu ibu TP PKK untuk dapat melakukan perhitungan harga pokok produksi secara akurat yang nantinya akan bermanfaat menentukan biaya produksi, memantau laba dan rugi periodik.

Keywords


Akuntansi, HPP, Laba

Full Text:

PDF

References


Bahri, R., & Rahmawaty, R. (2019). Analisis penentuan harga pokok produksi dalam menentukan harga jual produk (Studi empiris pada UMKM Dendeng Sapi Di Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, 4(2), 344–358.

Djumali, I. (2014). Perhitungan Harga Pokok Produksi Menggunakan Metode Variable Costing Dalam Proses Penentuan Harga Jual Pada PT. Sari Malalugis Bitung. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 14(2).

https://penggaronlor.semarangkota.go.id. (2023). PKK. Retrieved January 20, 2024, from https://penggaronlor.semarangkota.go.id/pkk

Purwanto, E. (2020). Analisis Harga Pokok Produksi Menggunakan Metode Full Costing Dalam Penetapan Harga Jual. Journal of Applied Managerial Accounting, 4(2), 248–253.

Setiadi, P. (2014). Perhitungan harga pokok produksi dalam penentuan harga jual pada CV. Minahasa Mantap Perkasa. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 14(2).

Supriyadi. (2021). Pengertian, Tugas dan Fungsi PKK.

Yustitia, E., & Adriansah, A. (2022). Pendampingan Penentuan Harga Pokok Produksi (HPP) dan Harga Jual pada UMKM di Desa Sawahkulon. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1–9.




DOI: https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v3i1.2650

Article Metrics

Abstract Views : 44 | PDF Views : 44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Indraprasta PGRI

Jakarta - Indonesia

 

Flag Counter