PELATIHAN MINDFULNESSS-BASED COGNITIVE COUNSELING PADA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING



Hengki Satrianta(1*), Siti Aminah Alfalathi(2), Neng Triyaningsih Suryaman(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Dewasa ini teknik-teknik dalam konseling berkembang pesat. Hal ini belum mampu diakomodir oleh guru Bimbingan dan Konseling mengingat keterbatasan yang dimiliki. Salah satu teknik dalam konseling yang dapat dikatakan belum begitu terkenal di kalangan guru Bimbingan dan Konseling yakni Mindfulnesss-Based Cognitive Counseling. Teknik ini merupakan kombinasi dari teknik terapi kognitif perilaku dengan mindfulness-based stress reduction, di mana Mindfulnesss-Based Cognitive Counseling berfokus pada kesadaran penuh terhadap pikiran manusia. Dalam berbagai literatur teknik ini cocok digunakan dalam penanganan masalah-masalah psikologis seperti kecemasan, stres, depresi, trauma, dan sejenisnya. Masalah utamanya adalah belum semua guru Bimbingan dan Konseling mampu melakukan teknik ini. Untuk itu dilakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat untuk memberikan pelatihan Mindfulnesss-Based Cognitive Counseling bagi guru BK dengan harapan agar guru Bimbingan dan Konseling mampu mengoperasionalkan teknik ini dalam konteks kinerjanya. Kegiatan ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 15 Jakarta melalui workshop. Kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui tahap perencanaan, tahap kegiatan, dan tahap evaluasi dan tindak lanjut. Hasil dari kegiatan ini adalah a) peserta mampu konsep teori dan praksis Mindfulnesss-Based Cognitive Counseling, b) peserta mampu mengoperasionalkan Mindfulnesss-Based Cognitive Counseling dalam beberapa penanganan kasus tertentu, dan c) direkomendasikan agar kegiatan serupa dilakukan dalam mengembangkan kompetensi profesional guru Bimbingan dan Konseling.


Keywords


Mindfulnesss-Based Cognitive Counseling, Guru, Bimbingan Dan konseling

Full Text:

PDF

References


Abouzari, H., Rashidpour, P., Abouzari, M., Goodarzi, S., & Ramezani, F. (2020). The effectiveness of mindfulness-based cognitive therapy (MBCT) on resilience, quality of life and anxiety in patients with anxiety disorders. Journal of Critical Reviews, 7(4), 2087–2091.

Aryanti, D., & Saputra, M. I. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka sebagai Upaya Dalam Mengatasi Krisis Pembelajaran (Learning Loss). Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(1), 17–31.

Jariengprasert, C., Watanapornmongkol, K., Kiatthanabumrung, S., & Wisupagan, T. (2022). The effectiveness of mindfulness-based cognitive therapy in the management of tinnitus. International Tinnitus Journal, 26(1), 1–10.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan Dasar dan Menengah 1 (2014).

Khazami, M., & Bozorgi, Z. . (2021). Effectiveness of the Mindfulness-Based Cognitive Therapy on Depression, Stress, and Anxiety Among COVID-19 Patients. Jundishapur Journal of Health Sciences, 13(3), 1–6.

Kusuma, Y. A. (2018). Outbound training sebagai salah satu metode penguatan SDM. Dakwatuna: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 4(1), 135–148.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor, Pub. L. No. Nomor 27 Tahun 2008, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2008 3 (2008).

Nurlatifah, A. I. (2016). Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) Sebagai Terapi dalam Konseling. Jurnal Madaniyah, 2(XI), 317–327.

Satrianta, H. (2017). Aplikasi eye moving desensitization dan reprocessing dalam konseling post-traumatic stress disorder. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 69–77.

Surya, J., Wibowo, M. E., & Mulawarman. (2022). Mindfulness-Based Cognitive Therapy (MBCT) Approach in Counseling Practice. Proceedings of the 6th International Conference on Science, Education and Technology (ISET 2020), 574(Iset 2020), 463–466.

Wikanengsih. (2010). Menerapkan Neurolinguistic Programming (NLP) Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 31–45.




DOI: https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v3i1.2645

Article Metrics

Abstract Views : 47 | PDF Views : 41

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Indraprasta PGRI

Jakarta - Indonesia

 

Flag Counter