PENDAMPINGAN MEMBANGUN LITERASI SEJARAH MELALUI HISTORY CLUB DI SMA CENDRAWASIH
Ponco Setyonugroho(1), Fahmi Hidayat(2*), Irfan Ahmad Fauzi(3),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Implementasi dari literasi sejarah menjadi jalan tengah dalam pembelajaran sejarah, pembelajaran sejarah menjadi menarik untuk peserta didik karena dalam pembahasannya tidak hanya menggunakan cara-cara lama seperti membaca artikel dan membaca buku, literasi sejarah menggunakan metode yang baru dalam menyebarluasan peristiwa sejarah baik menonton film, mendengarkan podcase ataupun membaca infografis. Hal ini terjadi karena adanya adanya gagasan untuk membuat wadah disekolah yang bernama Historical Club. Histori club dianggap mampu memberikan pemahaman lebih dari peserta didik karena wadah ini hadir diluar pembelajaran kelas, artinya ketika pendidik terbatas dalam penggunaan sumber dikelas karena waktu belajar 2x45 menit maka diluar kelas guru mampu memberikan pelajaran lebih dengan metode yang dirasa ampuh karena tidak terbatas dalam waktu dan ruangan. Adanya History Club tersebut dapat dikatakan penambahan materi tetapi dibalut dengan bermain, karena didalam History Club peserta didik bisa memilih dengan cara seperti apa bisa mendapatkan informasi sejarah. History Club menawarkan metode seperti menonton Film, Studi Museum dan menghadirkan sejarawan langsung kedalam proses pembelajaran dalam History Club. Padangan peserta didik mengenai sejarah sebelum adanya History Club sangat tidak menyukai sejarah karena guru tidak dapat memberikan suatu gambaran sejarah yang menarik guru hanya menjelaskan melalui PPT. Implementasi sumber sejarah dalam pelajaran sejarah mampu menjadi hal yang sangat menarik karena dengan menghadirkan sumber sejarah yang relevan mampu membangun Historical Thingking dan Historical Literacy peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aristeidou, M., Orphanoudakis, T., Kouvara, T., Karachristos, C., & Spyropoulou, N. (2023). Evaluating the Usability and Learning Potential of a Virtual Museum Tour Application for Schools. INTED2023 Proceedings, 1, 2572–2578. https://doi.org/10.21125/inted.2023.0720
Azrai, E. P., Suryanda, A.-, Wulaningsih, R. D., & Sumiyati, U. K. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Siswa Sma Di Jakarta Timur. Edusains, 12(1), 89–97. https://doi.org/10.15408/es.v12i1.13671
Kaviza, M. (2020). Penggunaan Sumber Dokumen dalam Mata Pelajaran Sejarah: Peningkatan Kemahiran Pemikiran Sejarah? Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 5(2), 116–123. https://doi.org/10.47405/mjssh.v5i2.413
Kochhar, S. K. (2008). Pembelajaran Sejarah. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Kumalasari, D., Purwanta, H., Aw, S., & Agustinova, D. E. (2022). Historical Literacy Competencies of History Education Students: Case Studies at Surabaya and Yogyakarta State Universities. Journal of Curriculum and Teaching, 11(8), 339–348. https://doi.org/10.5430/jct.v11n8p339
Nafi’ah, U., Sapto, A., Sayono, J., Herdiyani, A., & Smith, G. (2023). The Innovation of Virtual Tour of Malang State University Learning Museum as an Alternative for Educational Tourism in the Disruptive Era. KnE Social Sciences, 202, 117–126. https://doi.org/10.18502/kss.v8i10.13437
Nugraha, A. S., & Kuswono. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Sejarah Menggunakan Aplikasi Kahoot Dengan Pola Berpikir Kronologis Siswa Pada Materi Sejarah Kelas Xi IPS Di SMA Negeri 1 Kotagajah. Jurnal Swrnadwipa, 3(2), 54–63. http://ojs.ummetro.ac.id/index.php/swarnadwipa/article/view/1951
Putri, H., Zafri, Z., & Ofianto, O. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Edutainment untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kronologis Siswa. Jurnal Halaqah, 1(1), 32–44.
Shaleha, P. U., Sumantri, P., Hutauruk, A. F., Chandra, S., & Saragih, R. G. A. (2023). Analisis Proses Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah dengan Pemanfaatan Media Film Sebagai Sumber Belajar Sejarah di SMANegeri 11 Medan. Education & Learning, 3(2), 13–19. https://doi.org/10.57251/el.v3i2.1034
Wagner, D. (2018). Teachers ’ Use of Film in the History Classroom : A Survey of 19 High School Teachers in Norway Teachers ’ Use of Film in the History Classroom : A Survey of 19 High School Teachers in Norway. Journal of Humanities and Social Science Education, 22–44.
Wineburg, S. (2006). Berpikir Historis. Yayasan Obor.
DOI: https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v3i1.2634
Article Metrics
Abstract Views : 86 | PDF Views : 59Refbacks
- There are currently no refbacks.
Universitas Indraprasta PGRI
Jakarta - Indonesia