IMPLEMENTASI LITERASI DAN NUMERASI DALAM PEMBELAJARAN
Fadli Rasam(1), Ani Interdiana Candra Sari(2*), Elin Karlina(3), Alqomari Cahyo(4),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Di Indonesia, kemampuan literasi numerasi peserta didik masih kurang atau cukup rendah, dan diperlukan peningkatan terus menerus. Menerapkan model pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik adalah salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan ini. Tujuan dari abdimas ini adalah untuk memberikan gambaran terbaru tentang cara literasi dan numerasi digunakan dalam pembelajaran. Dalam abdimas ini, metode yang digunakan terdiri dari tiga tahap: (1) pra-rencanaan, di mana masalah diidentifikasi, dianalisis, dan dipilih alternatif pemecahan masalah; (2) perencanaan, di mana desain kegiatan yang akan dilakukan berdasarkan hasil pra-rencanaan; dan (3) pelatihan, di mana semua perencanaan digunakan. Pemecahan masalah dalam kegiatan ini adalah transfer IPTEK dengan memberikan materi yang berguna berupa implementasi literasi dan numerasi dalam PBM yang merupakan solusi dari permasalahan mitra. Skor rata-rata yang diperoleh Guru saat pre test adalah 35 point dan skor rata-rata yang diperoleh Guru saat post test adalah 78,57 point, hal ini menandakan pelatihan literasi dan numerasi berjalan secara efektif. Dengan pelatihan ini guru dapat meningatkan Kemampuan dalam literasi dan numerasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afghani, D. R., Prayitno, H. J., Jayanti, E. D., & Zsa-zsadilla, C. A. (2022). Budaya Literasi Membaca di Perpustakaan untuk Meningkatkan Kompetensi Holistik bagi Siswa Sekolah Dasar. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 143–152. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i2.19185
Agustina, L., Arffianto, A., Khalishah, S. H., Indarwati, L., Putri, D. R., El-Majid, S. E., Rahayu, K. S., Nurleli, D. Y., Agung, W., & Sholihah, I. (2019). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Literasi Siswa di SD Muhammadiyah Nurul Ilmi, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 97–105. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10771
Andri Nurcahyono, N. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Melalui Model Pembelajaran. Hexagon: Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 19–29. https://doi.org/10.33830/hexagon.v1i1.4924.
Ayupradani, N. T., Sofiyana, L. N., Huda, M., Nasucha, Y., & Siswanto, H. (2021). Peningkatan Literasi Digital Anggota Karang Taruna Tunas Harapan sebagai Pembentuk Pendidikan Karakter Bangsa. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 169–174. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15696
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541
Ifrida, F., Huda, M., Joko Prayitno, H., Purnomo, E., & Sujalwo. (2023). Pengembangan dan Peningkatan Program Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i1.94
Latifah, L., & Rahmawati, F. P. (2022). Penerapan Program CALISTUNG untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5021–5029. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3003
Mahardhani, A. J., Prayitno, H. J., Huda, M., Fauziati, E., Aisah, N., & Prasetiyo, A. D. (2021). Pemberdayaan Siswa SD dalam Literasi Membaca melalui Media Bergambar di Magetan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 11–22. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14664
Rahmawati, N., Prasetiyo, W. H., Wicaksono, R. B., Muthali’in, A., Huda, M., & Atang, A. (2022). Pemanfaatan Sudut Baca dalam Meningkatkan Literasi Kewarganegaraan Siswa di Era Digital. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 99–107. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.17822
Rohim, D. C. (2023). Strategi Penguatan Literasi Dan Numerasi Siswa Di Sd N Jatiroto 01 Kabupaten Pati. Jurnal Elementary, 6(1), 35. https://doi.org/10.31764/elementary.v6i1.12579
Wijaya Kusuma, A., & Kartika Sari, C. (2023). Penerapan Model Belajar Calistung untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 5(1), 18–25. https://doi.org/10.23917/bppp.v5i1.22936.
DOI: https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v3i2.2620
Article Metrics
Abstract Views : 87 | PDF Views : 80Refbacks
- There are currently no refbacks.
Universitas Indraprasta PGRI
Jakarta - Indonesia