PERANCANGAN POSTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK SMK HUTAMA BEKASI



Maskhur Dwi Saputra(1*), Septiana Ika Ningtyas(2), Mira Miranda(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Materi pelajaran dapat dipahami peserta didik dengan baik apabila terdapat media pembelajaran yang mampu memberikan komunikasi dua arah. Terdapat berbagai jenis media pembelajaran salah satunya media poster yang dapat digunakan untuk mengkomunikasikan materi pelajaran. Hal ini dikarenakan dengan adanya poster, maka peserta didik tidak hanya melakukan interaksi dengan guru saja tetapi juga kontak mata dengan media poster tersebut. Artikel ini mendeskripsikan hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa perancangan poster sebagai media pembelajaran alternatif bagi peserta didik agar terhindar dari rasa jenuh dari penggunaan metode pembelajaran yang mayoritas monoton. Media poster sebagai media pembelajaran memiliki fungsi agar peserta didik memiliki minat dengan pesan yang tertulis pada media tersebut, poster juga menuliskan gagasan atau pesan secara singkat dan jelas sehingga mudah untuk dipahami isinya, selain itu dengan adanya poster dapat menarik peserta didik untuk membaca poster tersebut karena tidak banyak tulisan didalamnya. Berdasarkan fungsi dari poster tersebut, maka poster dapat digunakan sebagai media pembelajaran di kelas, hal ini dikarenakan dapat menarik perhatian dari peserta didik untuk belajar.


Keywords


Media Pembelajaran, Poster, Peserta Didik SMK

Full Text:

PDF

References


Adam, S., & Syastra, M. T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa kelas X SMA Ananda Batam. Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 2 No.3, 3(2), 78-90.

Lasha, C., Yudha, C. B., & Oktaviana, E. (2020). Perkembangan Permainan Multiple Cards Sebagai Media Pembelajaran Perkalian Siswa Kelas II SDN Bojong Nangka 01 Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II (pp. 109-116). Jakarta: STKIP Kusuma Negara.

Maiyena, S. (2014). Pengembangan Media Poster Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Materi Global Warming. Ta'dib, 17(2), 18-26.

Muflihatin, A. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Media Poster Tema Lingkungan Pada Pelajaran IPA Sekolah Dasar, Pendas. Pendas: Pendidikan Dasar , 7(4), 307-425.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861-870.

Rusdiana, R. Y., Putri, W. K., & Sari, V. K. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva Bagi Guru SMPN 1 Tegalempel Bondowoso. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3), 209-213.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryanto, A., & Rahardjito. (2011). Media Pendidikan:Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sunardi, D., Sahputra, E., & Hidayah, A. K. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bagi Guru Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Terbarukan Vol.1 No.1, 1(1), 29-34.

Tangsi, Satriadi, & Muhaemin, M. (2016). Pembuatan Materi Pembelajaran Dengan Aplikasi Canva Bagi Guru SDN Pao-pao Kab.Gowa. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat (pp. 1129-1134). Jakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar.




DOI: https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v3i1.2537

Article Metrics

Abstract Views : 181 | PDF Views : 101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Indraprasta PGRI

Jakarta - Indonesia

 

Flag Counter