PEMBUATAN JENAMA GERAKAN “HALO SAYA DISABILITAS”



Dewi Indah Susanti(1*), Yulianto Hadiprawiro(2), Atiek Nur Hidayati(3), Angga Kusuma Dawami(4), Febrianto Saptodewo(5),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(5) febrianto.saptodewo@gmail.com
(*) Corresponding Author

Abstract


Jenama merupakan bagian penting dalam pembentukan konstruksi pemikiran tentang sebuah kampanye. Dosen dan mahasiswa berkolaborasi untuk mendukung kegiatan pembuatan jenama dalam program MBKM. Tujuannya jelas untuk menerapkan ilmu yang telah diajarkan dalam kelas. Kegiatan ini berbentuk kegiatan pembelajaran kreatif dengan studi kasus pembuatan sebuah gerakan “Halo Saya Disabilitas” yang bekerjasama dengan SDS IT Nurul Yaqin dan EPIC School of Autistics. Metode  kegiatan dalam PkM ini menggunakn metode yang dilakukan secara bertahap yaitu diawali dengan merencanakan kegiatan. Pembentukan tim kreatif ada pada tahap ini, berikutnya, tahap  pelaksanaan  guna membentuk jenama dan film animasi,  dan  tahap  terakhir adalah perbaikan melalui FGD serta rencana tindak lanjut. Adapun kegiatan yang dilakukan dalam pengabdian ini yaitu ada tiga kegiatan, yaitu mendefinisikan masalah dengan menggunakan creative brief, membantu proses kreatif dalam mengeksplorasi gerakan ini, dan membantu membuat karya desain yang berbasis pada teknologi. Hasil analisis pelaksanaan pengabdian ini adalah terbentuknya rencana aplikasi desain yang berbasis pada komunikasi, ide, serta penyebarannya.


Keywords


Jenama, Disabilitas, Inklusi, SDS IT, Nurul Yaqin, EPIC, School of Autistics

Full Text:

PDF

References


Blakeman, Robyn. (2011). Advertising Campaign Design: Just the Essentials. New York: Routledge.

Hardy, G. (2011). Smashing Logo Design: The Art of Creating Visual Identities. Chichester: John Willey and Sons Ltd.

Kotler, P., & Pfoertsch, W. (2006). B2B brand management. Berlin: Springer.

Wheeler, A. (2009). Designing Brand Identity Branding is a disciplined process used to build awareness and extend customer. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.




DOI: https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v2i4.2140

Article Metrics

Abstract Views : 85 | PDF Views : 87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Indraprasta PGRI

Jakarta - Indonesia

 

Flag Counter