PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU SMP NEGERI 3 DEPOK



Fadli Rasam(1), Ani Interdiana Candra Sari(2*), Elin Karlina(3), Al-Qomari Cahyo(4),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Dewasa ini banyak para guru melakukan penelitian tindakan kelas tetapi tidak dapat menerapkan hasil dari penelitian yang mereka buat. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian masyarakat ini yakni memberikan pemahaman mengenai landasan teori/pemikiran dan landasan hukum Penelitian Tindakan Kelas, memotivasi guru dalam melakukan PTK, mendampingi guru dalam merancang PTK, dan membantu para guru dalam menerapkan hasil dari penelitian tindakan kelas. Metode yang digunakan dengan ceramah dan eksperimen. Hasil yang didapatkan bahwa dengan abdimas yang telah dilakukan ternyata Guru mampu memahami PTK, mampu memahami permasalahan yang teejadi dikelas yang bisa diangkat menjadi penelitian, mampu membuat proposal penelitian.


Keywords


Penelitian Tindakan Kelas, Guru, Penelitian

Full Text:

PDF

References


Kardi, S. & Nur, M. (2000). Pengajaran Langsung. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya, University Press

Kemmis, S. (1983). The Action Research Planner: 3rd Edition. Australia: Deakin University.

Prabowo, (2000). Profil Pendidikan Profesional. Yogyakarta: Andi Offiset

Tim Pelatihan Proyek PGSM, (1999). Penelitian Tindakan Kelas. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v2i3.1873

Article Metrics

Abstract Views : 86 | PDF Views : 105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Indraprasta PGRI

Jakarta - Indonesia

 

Flag Counter