PEMBEKALAN MANAJEMEN PEMASARAN BAGI PEDAGANG DI RT 01 RW 01 PONDOK KOPI JAKARTA TIMUR



Agus Jamaludin(1*), Toto Widiarto(2),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Pedagang adalah salah satu pekerjaan untuk mencari rezeki dengan mengadakan jual beli produk dengan memuaskan konsumen dan bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Pemasaran yaitu suatu proses pengelolaan pemasaran produk kepada konsumen yang mereka butuhkan dengan menukarkan nilai kepada konsumen dengan memberikan kepuasan. Pelanggan adalah orang yang selalu membeli produk yang dibutuhkan di perusahaan karena pelayanan yang diberikan kepada pelanggan, sehinga perusahaan mendapatkan keuntungan. Maka perusahaan berorientasi pada pemasaran yang tujuannya adalah membangun kepuasan pelanggan. Program Pengabdian Masyarakat ini metode yang digunakan adalah pembekalan materi Manajemen Pemasaran kepada pedagang di RT 01 RW 01 Kelurahan Pondok Kopi Jakarta Timur sebanyak 20 orang ,dengan mengunjungi pedagang secara door to door dan mengadakan tanya jawab, sehingga pedagang mengerti tentang produk yang berkualitas, penetapan harga yang bersaing, tempat yang strategis , pelayanan yang memuaskan, dan bagaimana promosi yang efektif.


Keywords


Manajemen Pemasaran, Pedagang, Pondok Kopi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v2i2.1747

Article Metrics

Abstract Views : 109 | PDF Views : 95

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Indraprasta PGRI

Jakarta - Indonesia

 

Flag Counter